Mohon tunggu...
Sahillavita Rahmawati
Sahillavita Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa PGPAUD Universitas Pendidikan Kampus Serang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN UPI 2021 : Penerapan Aplikasi Animaker dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Terhadap Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid- 19 di SD Negeri Panancangan 2

24 Juli 2021   01:08 Diperbarui: 2 Agustus 2021   02:40 606
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran Covid- 19 di seluruh indonesia. Pada di masa pandemi Covid- 19 berdampak pada pelajar. Gangguan dalam proses pembelajaran antara siswa dan guru berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid. Mewabahnya pandemi Covid- 19 menjadikan adanya pergeseran sistem pembelajaran di sekolah. Guna meminimalisir resiko penularan virus Covid- 19, pemerintah membuat kebijakan untuk tidak melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Kegiatan belajar mengajar yang semula di lakukan secara langsung atau tatap muka, kini harus dilakukan secara jarak jauh melalui pembelajaran online atau daring. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini mau tidak mau harus di terapkan agar pembelajaran bisa tetap berjalan. Oleh karena itu guru harus meningkatkan kreativitas dalam membuat media pembelajaran daring untuk siswa.  

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) perlu adanya sebuah media pembelajaran secara daring agar materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik walaupun tidak di ajarkan secara langsung kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran pada proses belajar akan memudahkan guru dalam penyampaian materi lebih efektif kepada siswa. Media pembelajaran juga dapat meningkatkan daya tarik siswa sekaligus dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran secara daring. Penggunaan media pembelajaran dalam suatu pembelajaran secara daring sangat membantu dalam mencapai keefektifan proses pembelajaran siswa dan guru dapat dengan mudah menyampaikan pesan materi yang ingin di sampaikan. Selain itu media pembelajaran juga dapat membuat motivasi belajar siswa meningkat. Media pembelajaran secara daring menggunakan aplikasi animaker salah satu media pembelajaran yang biasa di gunakan sebagar sarana pembelajaran jarak jauh.

Aplikasi animaker adalah salah satu alternatif yang biasa di gunakan untuk membuat vidio animasi. Pada aplikasi tersebut tersedia versi gratis dan berbayar. Media Pembelajaran secara daring untuk memudahkan kegiatan pembelajaran dan meningkatkan kosentrasi belajar dengan aplikasi-aplikasi ini. Hampir semua aplikasi pembelajaran daring dapat di akses melalu via smartphone. Aplikasi animaker di kembangkan untuk memajukan dunia pendidikan yang bisa di akses kapan saja. Membuat vidio animasi menggunakan aplikasi animaker untuk pembelajaran daring tidak sulit. Dengan bantuan sejumlah aplikasi yang mudah di gunakan. Seorang guru yang tugas utamanya adalah mengajar juga mungkin bisa membuat vidio animasi sendiri. Kemudian vidio animasi tersebut nantinya dapat di gunakan untuk kepentingan pendidikan.

SD Negeri Panancangan 2 Kota Serang Provinsi Banten akan menjadi salah satu sekolah menggunakan media pembelajaran menggunakan aplikasi animaker untuk pembelajaran daring. Karena sekolah tersebut selama pembelajaran, guru hanya membagikan tugas dan menerangkan materi pembelajaran melalui via whatsapp dan youtobe, tidak menggunakan aplikasi lain termasuk aplikasi animaker untuk media pembelajaran. Saya sebagai mahasiswa UPI Kampus Serang yang sedang menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik MDBPE-MBKM 2021  di SD Negeri Panancangan 2 ingin melakukan kegiatan dalam penerapan aplikasi animaker untuk meningkatkan kreativitas guru terhadap media pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Guru wali kelas 5A dan 5B ingin belajar membuat vidio animasi menggunakan aplikasi animaker untuk pembelajaran daring sesuai tema agar siswa kelas 5 tidak bosan dalam belajar dan mudah di pahami oleh siswa. Saya sebagai mahasiswa UPI yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sekolah tersebut memberikan vidio tutorial cara membuat vidio animasi menggunakan aplikasi animaker dan mengirimkan vidio tutorial kepada guru melalui via whatsapp dan youtobe.

Saya memberi penjelasan kepada guru kelas 5 melalui via whatsapp tentang mengajar menggunakan vidio animasi karena pastinya akan menarik. Sehingga guru dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti materi pembelajaran yang di sampaikan. Mengajar menggunakan vidio animasi bisa meringankan pekerjaan guru. Ketika guru harus menyampaikan materi pembelajaran yang rumit, misalnya penyampaian materi pembelajaran tersebut bisa di gantikan oleh vidio animasi yang di buat oleh guru dengan kreatifitasnya. Biasanya siswa akan lebih mudah menangkap materi pelajaran yang rumit yang di sajikan secara virtual termasuk vidio animasi. Menggunakan aplikasi animaker untuk membuat vidio animasi pembelajaran juga terbilang tidak sulit. Guru bisa melakukan eksperimen sendiri untuk mengenal fitur-fitur yang ada dan menggunakan alat yang terdapat pada aplikasi tersebut.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun