Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Mahasiswa Logistik Bisnis PoltekPos Indonesia

Saya ini mahasiswa yang peduli kepada kesehatan, bisnis serta sektor logistik dan memiliki blog pribadi di Logistics Indonesia yang memiliki situs blog pribadi dengan alamat link web: https://logistiic.wordpress.com Jika anda berkenan boleh mengunjungi dan meramaikan kunjungan blog saya. Terimakasih. Saya termasuk peserta sebagai Blogger/ Umum.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Review Kimchi dengan Hidangan Pendamping ala Korea yang Sensasional

6 Maret 2021   14:00 Diperbarui: 6 Maret 2021   14:11 140 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Review Kimchi dengan Hidangan Pendamping ala Korea yang Sensasional
Ilustrasi kimchi. SURA Korean Cuisine/ merdeka.com

Kimchi dapat disantap dengan makanan pendampingnya seperti samyang. Samyang salah satu makanan yang terbuat dari mie goreng pedas, banyak para penggemar drakor yang menyukai makanan ini selain itu ada juga youtuber yang membuat "challange buat makanan" dikarenakan makanannya yang sangat pedas dalam lidah bagi yang menyicipinya. Makanan ini dapat disajikan dengan lelehan keju diatasnya.    

"Samyang telah lama ada sejak tahun 1961 yang lalu sehingga belakangan ini pada abad ke-20 hidangan ini telah dikenal semenjak artis seperti Kpop atau kdrama menjadi awal dikenalnya samyang sampai populer sampai pada saat sekarang ini, selain itu ada juga samyang dengan varian kimchi"

Yang membuat gila dan tidak kalah pedasnya makanan  yang dibuat ini sebagai bahan pendamping dari makan utama yaitu makanan kimichi. Kimchi pada dasarnya ialah makanan tradisional asal negeri Korea, kimcihi biasanya berasal dari Tiongkok yang salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberikan bumbu yang sangat pedas. 

Tahu tidak Kompasiana kenapa orang Korea suka makanan yang pedas? Kompasiana sudah tahu kan kalau orang Korea doyan banget makan makanan yang pedas ? Walaupun kadang makanan pedas yang berlebihan membuat perut jadi sakit perut. Namun yang harus Kompasiana harus tahu bahwa makanan pedas memiliki beragam manfaat loh!

"Secara filosofi makanan yang hanya diawetkan dari sayuran air garam ini, adapun kimchi dilpisi dengan cabai dan difermentasi dengan makanan laut yang tidak ada dalam pao chi shicuan", tutur seorang penulis dari buku The food of sichuan  dan seorang ahli kuliner dari cina bernama Fuchia Dunlop

Samyang kimichi/ Blibli.com
Samyang kimichi/ Blibli.com
Makanan Kimchi sendiri salah satu makanan tersehat di dunia yang berasal dari negeri ginseng yang diolah dengan cara di fermentasi. Makanan ini salah satu masakan yang mengandung mineral, serat dan juga  vitamin. Makanan yang di fermentasi seperti Kimchi, yoghurt, tempe gembus sangat baik bagi pencernaan.

Makan makanan yang pedas seperti menggunakan cabai mengandung zat capsaicin yang menghasilkan panas dan kabarnya bisa membakar lemak dan membantu untuk menurunkan berat badan. Kemudian cabai juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, vitamin B dan asam folat yang baik untuk tubuh serta memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko terhadap terkenanya serangan jantung. 

Menyantap makanan pedas tentu akan membuat sensasi  dan kesenangan tersendiri. Apa lagi pada saat cuaca dingin seperti ini lebih cocok untuk icip-icipi makanan panas panas maupun makanan yang pedas sehingga dapat membuat tubuh Kompasiana menjadi hangat. Bagi penggemar Kpop, drama korea maupun sobat Kompasiana ala Korea yang menyukai makanan pedas seperti Kimichi maupun samyang sebagai makan pendamping dari Kimchi memiliki beberapa kepribadian diantaranya seperti;

  • Karakter Suka Berpetualang: Orang yang menyukai makanan pedas juga memiliki karakter yang suka berpetualang. Hal yang ingin dicapai dari berpetualang tersebut biasanya ialah sebuah sensasi.
  • Berani mengambil resiko: Orang yang menyukai makanan pedas dan menikmati sensasi terbakar di lidah menunjukkan bahwa orang tersebut tidak senang terjebak dalam suatu rutinitas.
  • Suka mencari sensasi: Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa orang yang menyukai makanan yang pedas adalah orang yang bosan dengan sesuatu dan mencari atau ingin mencoba pengalaman baru.
  • Ramah dan suka bergaul: Biasanya orang yang menyukai makanan pedas memiliki karakter yang dinamis yang diartikan mudah bergaul dengan siapa saja.
  • Suka melakukan hal yang menantang: Orang yang penyuka pedas tentunya menyukai sensasi yang "terbakar" yang dihasilkan dan bisa menimbulkan persaan yang senang dan membuat ketagihan.

Kimchi dapat semakin populer di Indonesia semenjak maraknya kepopuleran dari Kpop dan Kdrama yang ditampilkan pada media sosial maupun pada televisi. Untuk makanan Kimchi ini sendiri memiliki beberapa hidangan review yang perlu di icipi sesuai dengan jenis -masing selera seperti;

  • Kimchi Chicken Puff: Kimchi dengan cincangan daging ayam dan kimchi yang sedikit mild menjadi pembuka yang sangat bagus bangat.
  • Kimchi Pasta: Kombinasi dari kimchi dan franch cooking cream menciptakan harmoni yang asik di lidah. Pasta kimichi ini sangat cocok dijadikan menjadi highligt makan malam dengan masih panas dengan rasa yang hangat.
  • Kimchi Bokeum-Bap: Literasi dari Kimchi ini tentu dari sebuah literasi yang berarti kimchi fried rice. Penyajiannya dalam mangkuk ttukbaegi yang pans ini, memberikan sensasi yang crusty dan crunchy pada beberapa bagian nasinya. Aroma kimichi sudah terasa pada makanan ini lengkap dengan garlic dan sedikit dengan rasa pedas dari gochugaru (chili flakes). Beras yang digunakan juga merupakan korean beras asli.
  • Dalkgogi Kimchi-Guk: Termasuk kimchi  pada  Chicken Kimichi soup yang menggunakan chicken stock ini, apabila tidak selera mendampingi makanannya dengan nasi boleh dicoba tanpa menggunakan nasi.
  • Kimchi Budae-Jigae: Apa bedanya Guk (sup) dengan Budae-Jjigae (army stew)? yang membedakan ialah pada sejarahnya ditemukannya budae-Jjigae pada saat masa perang dulu, kedua varian rasa dari makanan ini dipadukan dari kuah Budae-Jjigae yang lebih kental dibandingkan Guk. Agar ras lebih nikmat dicicipi mendingan ditambahkan nasi sebagai bahan pelengkap.
  • Haemul Kimchi-Guk: Haemul merupakan kimchi versi seafood dari sup kimchi di atas tadi. Kimchi ini sangat cocok dinikmati pada saat dingin-dingin.

Selain itu ada juga Kimchi lebih cocok jika didampingi dengan makanan pendamping seperti mie goreng yang bernama samyang. Bagi kita orang Indonesia tidak lengkap apabila makanan tidak ditambahkan dengan nasi, boleh juga kok dikombinasikan antara Kimchi sebagai makanan utama dengan hidangan pendamping yang dipadu antara nasi dengan mie samyang. 

Mie samyang ini sangat banyak di jual seperti di toko supermaket maupun minimarket seperti Indomaret dengan alfamart, selain itu ada juga marketplace. Kombinasi antara samyang dengan kimchi sangat cocok dengan rasa yang pedas pada saat cuaca yang dingin. Rasanya yang sangat sensional dan menggelegar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN