Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Full Time Blogger - _

_

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Hiruk-pikuk Perayaan Imlek Tahun Lalu yang Kunantikan

11 Februari 2021   05:11 Diperbarui: 11 Februari 2021   19:58 333 17 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Imlek yang Kurindukan/Kompasiana.com

Beberapa hari lagi setelah bulan februari ini akan merayakan hari tahun baru Imlek. Perayaan tahun baru Imlek sangat erat kaitannya dengan perayaan dan festival musiman. Perpindahan shio-pun dilakukan setelah setelah dipindahkannya shio dari mulai shio tikus sampai dengan shio kerbau. 

Yang di rayakan Tionghoa untuk melakukan perayaan reunian dengan saudagar mereka yang paling dekat. Namun akibat terjadinya pandemi Covid yang tidak kunjung usai maka masyarakat Tionghoa dilarang oleh pemerintah untuk tidak mudik pada tahun ini. 

Sedangkan pada tahun 2020 juga begitu dikarenakan banyak yang kasus meningkat demi menjaga agar klaster Corona tidak menyebar luas melalui jalur klaster mudik saat perayaan tahun baru Imlek pada tahun 2021 ini. 

Untuk merayakan tahun baru Imlek saat tahun baru Imlek hanya digunakan menggunakan Angpau selain itu angpau juga di bingkiskan menggunakan sebuah amplop berwarna merah dengan menggunakan  uang yang sering digunakan saat perayaan tahun baru imlek yang akan di rayakan pada tahun 2021 ini. Untuk saat merayakan tahun baru saat reunian lebih bagus menggunakan amplop berwarna merah untuk merayakannya namun jangan memberikan amplop berwarna merah kepada orang yang dirundung duka dikarenakan dapat membuat orang tersebut heran karena biasanya mereka yang berduka selalu menggunakan amplop berwarna putih bukan amplop berwarna merah. 

Selain reunian menggunakan Angpau ada juga reunian dengan makan daging hewan yang biasanya yang sering kami konsumsi yaitu daging babi. Ada juga dodol cina di daerah kami seperti di daerah sumatera beberapa disini juga ada orang Tionghoa yang memberikan dodol jika Imlek tiba.

Ikatan pertemanan, persaudaraan maupun kekeluargaan saat melakukan pendekatan untuk melepaskan rindu saat reunian tahun baru Imlek tiba. 

Namun demi menjaga agar klaster keluarga yang paling dekat tidak menyebar tahun ini saat pandemi maka kami saat melakukan pembagian angpau berupa uang maka kami akan melakukan transfer berupa uang melalui ATM dari bank masing-masing, bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan reunian tahun baru-an.

Maka yang perlu dipersiapkan salah satu diantaranya melakukan reunian di tempat rumah nya sendiri dan meminumkan melakukan pertemuan di tempat yang ramai, selain itu.

Jika ada perayaan seperti pesta misalkan atau acara ibadah maka kami tidak segan untuk merayakan perayaan reunian secara online seperti misalkan merayakan menggunakan platform zoom cloud meeting atau menggunakan platform google meet dan juga sejenis platform online yang lainnya. 

@tunaikucom
@tunaikucom

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan