Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Mahasiswa Logistik Bisnis PoltekPos Indonesia

Saya ini mahasiswa yang peduli kepada kesehatan, bisnis serta sektor logistik dan memiliki blog pribadi di Logistics Indonesia yang memiliki situs blog pribadi dengan alamat link web: https://logistiic.wordpress.com Jika anda berkenan boleh mengunjungi dan meramaikan kunjungan blog saya. Terimakasih. Saya termasuk peserta sebagai Blogger/ Umum.

Selanjutnya

Tutup

Media

Pengguna WhatsApp Beralih ke Telegram

14 Januari 2021   19:16 Diperbarui: 14 Januari 2021   19:26 94 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengguna WhatsApp Beralih ke Telegram
Sumber gambar kompasiana.com Hidup Tanpa Whatsapp

Setelah adanya kontroversi terkaita aturan baru yang diumumkan WhatsApp pada awal tahun 2021 para user alias para penggunaannya aplikasi pesan instan tersebut disinyalirberalih ke aplikasi pengguna lain.

Riset yang dilakukan Sensor Tower mencatat bahwa WhatsApp mengalami penurunan jumlah unduhan yang cukup signifikan yakni sebesar 11 persen dalam tujuh hari pertama tahun 2021 dibandingkan periode sebelumnya. 

Menurut firma riset app Annie melaporkan penurunan penggunaan WhatsApp  yang terlihat turunnya peringkat WhatsApp didaftar pengguna aplikasi android atau iOS. 

WhatsApp kini menempati peringkat ke - 38 di Amerika Serikat dan peringkat ke 10 di inggris menurut riset App Annie lebih rendah dari periode tahun sebelumnya. Sementara untuk tahun ini Telegram dan Signal merupakan pesaing besar dari whatsapp.

WhatsApp messanger adalah platform yang memungkinkan kita dapat bertukar informasi hanya menggunakan paket data tanpa menggunakan pulsa. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan penggunaan WhatsApp:
Kelebihan WhatsApp
-Dapat melakukan sinkronisasi kontak
-Registrasi hanya menggunakan nomor telepon
-Bisa Back Up data
-Terdapat fitur stories

Kekurangan WhatsApp
-fitur E-motion kurang menarik perhatian
-sering minta harus di Update
-volume data besar
-harus mendownload aplikasi terlebih dahulu

Sehingga dengan hal tersebut tidak dapat dipungkiri ada kekurangan yang mengakibatkan kita harus beralih ke aplikasi lain selain WhatsApp sehingga kita harus hidup tanpa WhatsApp. Menurut saya kompasianer harus berganti ke aplikasi ini saya, diantaranya sebagai berikut:
Disini saya akan berikan rekomendasi pesan selain whatsapp

-Viber dapat mengirim foto, teks, video dan berkas; Grup chat bisa sampai 250 anggota; fitur unsends message.
-Telegram mengutamakan privasi dan keamanan users; grup chat hingga 2500 anggota; UI yang minimalis; bebas dari iklan.
-Signal memiliki privasi dan keamanan users yang dijamin; kirim pesan cepat meski sinyal jelek; aplikasi bisa di lock agar tidak dapat di buka orang lain.
-Line untuk grup video call bisa sampai 200 orang; fitur polling; stiker yang banyak pilihannya.

Wah lagi rame nih ada kabar mau pindah dari  WhatsApp karena kebijakan privasinya terbaru. Mending rekomendasi saya untuk kompasianer sekalian mending pilih aja aplikasi yang tepat tanpa menggunakan WhatsApp. 

Tahu gak kompasianer saya punya rekomendasi yang baru nih, yaitu;

Bagi pengguna WhatsApp yang ingin beralih dikarenakan kebijakan privasinya yang baru mala saya rekomendasikan saja pindah ke Telegram. Karena telegram memiliki segudang keunggulan yang tidak menyamai kebijakan dari privasi terbaru WhatsApp tersebut. Tahu gak kompasianer? Mengapa demikian, kita akan bahas mengapa demikian;

Dari 250 juta pengguna baru telah dilaporkan  bergabung dalam kurun waktu 72 jam, kini pengguna aktif telegram mencapai lebih dari 500 juta orang. Untuk pengguna telegram sendiri paling banyak datang dari asia yaitu 38 % Asia, 27 % Eropa, 21 % Amerika latin, 8 % timur tengah dan Afrika Utara.

Memang benar kan melansir dari lonjakan telegram ini terjadi setelah pesaingnya WhatsApp memperbaharui penggunaan privasi pada awal 2021 ini. Perubahan ini mesti disetujui pengguna jika ingin tetap menggunakan WhatsApp.

Melansir dari Kominfo sendiri dikabarkan bahwa telah memanggil pihak pengguna WhatsApp sendiri untuk menjelaskan kejanggalan privasi ini dari klaim masyarakat pengguna yang risih dengan aturan baru tersebut agar dapat menjelaskan dan menghumbau masyarakat agar dapat menggunakan layanan online dan membacanya sesuai ketentuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x