Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Mahasiswa Logistik Bisnis PoltekPos Indonesia

Saya ini mahasiswa yang peduli kepada kesehatan, bisnis serta sektor logistik dan memiliki blog pribadi di Logistics Indonesia yang memiliki situs blog pribadi dengan alamat link web: https://logistiic.wordpress.com Jika anda berkenan boleh mengunjungi dan meramaikan kunjungan blog saya. Terimakasih. Saya termasuk peserta sebagai Blogger/ Umum.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

UMKM dalam Digitalisasi Bisnis untuk Produktivitas Bisnis

13 Januari 2021   20:46 Diperbarui: 13 Januari 2021   20:59 76 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
UMKM dalam Digitalisasi Bisnis untuk Produktivitas Bisnis
Sumber gambar Kompasiana.com (Bantu UMKM Ciptakan Keluarga Tangguh)

Apasajakah yang anda ketahui tentang Digitalisasi Bisnis untuk Produktivitas Bisnis agar dapat membantu UMKM dalam membantu dalam hal promosi melalui media sosial, alat transaksi dan big data untuk penyimpanan. Disini saya akan menjelaskan secara teori kompasianer dalam men sosialisasikan agar dapat membantu UMKM ciptakan keluarga tangguh, diantarnya sebagai berikut:

Pengertian UMKM (Usaha Mikro Kecil Menegah)

Menurut wikipedia UMKM adalah usaha mikro kecil menengah istilah yang sering digunakan untuk sektor ekonomi agar lebih produktif baik perorangan maupun badan usaha menurut undang undang. Keluarga Tangguh ini merupakan link untuk dapat berbagi informasi dan donasi bagi yang mau dengan sukarela berdonasi dalam turut membantu secara langsung melalui Dompet Dhuafa Keluarga Tangguh juga loh! hayu merapat

Digitalisasi Bisnis

  • Merupakan proses transformasi bisnis dari konsep konvensional menjadi virtual, meliputi proses transaksi dan penerapan sistem perusahaan
    e-bussines, e-commerce, dan marketplace lainya, Contoh: e-bay, Tokopedia, dan Bukalapak dll


Apa Peran teknologi pada dunia bisnis?
Mempercepat efisiensi; untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak; memangkas biaya produksi maupun promosi yang mahal; mengurangi penggunaan manusia; mencangkup secara global; pemasaran produk lebih mudah dengan melalui media sosial.

Digital mindset merupakan perubahan pada pola pikir seseorang yang kemudian mengubah perilaku pada setiap aktivitasnya di era digital.

Karateristik Digital Mindset

  • Abundance mindset: pola pikir yang menganggap bahwa sesuatu itu tidak tak terbatas, melainkan banyak, dan tidak sulit untuk dicari. Memang
    persaingannya ketat, tetapi banyak sumber daya yang bisa kita dapatkan Growth mindset: pola pikir yang beranggapan bahwa segala sesuatu itu
    bisa ditingkatkan
  • Collaborative approach: Biasanya mereka akan mencari peluang berkolaborasi dengan pihak lain.
    Agile approach: Agile sering diartikan dengan kemampuan beradaptasi.
    Hanya bedanya adaptasi terkesan lebih pasif, sementara agile aktif.
  • Comfort with ambiguity: Merasa nyaman dengan ketidakpastian Explore's mind: orang yang senang mencari mengeksplorasi peluang
    Embracing diversity: Perbedaan bukanlah sesuatu yang menghambat, termasuk  perbedaan berpikir harus diakomodir untuk melihat sudut pandang lain, agar kita bisa melihat sesuatu yang baru.

Apa Yang Didigitalisasikan Kompasianer?

  • Mulai menggunakan strategi Digital Marketing: Semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/ internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana kita dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online.
  • Platform iklan digital dalam pemasaran secara online: Adaptasi softwere dengan teknologi Digital, contoh sistem eKYC (Electronic KYC) yang diterapkan oleh perbankan di era revolusi industri 4.0.
  • Penggunaan manufacturing Automation Softwere:
  • Manufacturing Automation Softwere berfungsi untuk mengatur dan mengawasi berbagai kegiatan produksi yang dilakukan oleh mesin berat. Softwere nantinya akan memberikan update data otomatis tentang aktivitas produksi sampai data pantauan status mesin.
  • Computer-Aided Design (CAD) adalah sebuah softwere digital untuk mesin pada bisnis manufactur:
  • Manfaatnya; Memungkinkan pengguna untuk melihat pembaruan status real - time untuk semua peralatan yang relevan. Karyawan manufaktur dapat memperoleh informasi yang dapat mengungkapkan jika ada yang salah dengan mesin atau proses tertentu.
  • Adaptasi metode pembayaran Digital untuk meningkan kemudahan pembayaran dari customer: Salah satu strategi transformasi digital yang harus diadopsi oelh para retailer adalah memasang metode pembayaran digital, dengan metode pembayaran ini maka customer tidak perlu lagi berurusan dengan uang fisik yang memakan tempat dan merepotkan. Contoh alat pembayaranya seperti LinkAja, NFC, Yap!, tbank, mandiri e-cash, Go Pay dari Gojek, DANA, OVO dari GRAB.
  • Optamisasi kolaborasi antara divisi dengan Cloud System; Penyimpanan data secara online seperti One Drive, IDrive, Google Drive, Zoolz, Box, Mega, degoo (100 GB Free Cloud Drive), Nextcloud.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x