Mohon tunggu...
Setiyo Agustiono
Setiyo Agustiono Mohon Tunggu... trainer

trainer, assesor

Selanjutnya

Tutup

Muda

Bersegeralah Kaum Muda Meraih Kompetensi di Persaingan Global

23 November 2017   16:00 Diperbarui: 23 November 2017   16:08 1275 0 0 Mohon Tunggu...

Kita semua tahu era globalisasi menuntut untuk bersaing, Tantangan utama yang harus menjadi perhatian adalah kaum muda harus mempunyai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia investasi dan pembangunan SDM berkualitas didalam daya saing negara.

Hasil proyeksi penduduk Indonesia pada tahun 2010-2035 menunjukkan bahwa Indonesia kini memasuki era bonus demografi, yaitu jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibanding lanjut usia, yang puncaknya diperkirakan akan terjadi pada tahun 2028-2030. Perlu diketahui bahwa Bonus demografi menghadirkan peluang sekaligus ancaman. Oleh karena itu kaum muda harus dipersiapkan dari saat ini untuk memiliki dan memperkuat kompetensinya dan dilengkapi dengan daya innovasi dan kreatifitas yang tinggi.

Jika terlambat didalam mempersiapkan, akan menjadi problem besar dan beban bagi negara.

Pemerintah harus lebih perhatian didalam mempersiapkan kaum muda untuk mempersiapkan dan menempatkan pendidikan kejuruan/vokasi atau pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan Industri.

Kondisi saat ini Indonesia terdapat jumlah pengangguran didominasi oleh anak muda dengan angka yang sangat signifikan.

Pemerintah harus terus mengupayakan peluang untuk kaum muda untuk mudah memperoleh kompetensinya dan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensinya. Dengan kondisi yang demikian, Pemerinta dapat mendorong kaum muda bersegera didalam meraih kompetensinya sebagai persiapan persaingan era global dan dapat terus menekan angka pengangguran serta mendorong kreativitas anak muda.
Salah satu solusi mengurangi angka pengangguran adalah pengembangan SMK didalam pola pendidikan sistem ganda dengan menyesuaikan kompetensi tenaga kerja dengan pasar kerja.

Pemerintah perlu faham bahwa rendahnya standar kualitas ketrampilan kaum muda dan mengakibatkan calon tenaga kerja sulit menembus lowongan-lowongan yang disediakan pasar kerja dan industri.

Pemerintah belum ada program secara nasional yang mempersiapkan kaum muda didalam meraih kompetensinya.

Kita perlu tagline "Bersegeralah kaum muda meraih kompetensi di persaingan global"

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x