Mohon tunggu...
Sagita Regina
Sagita Regina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mahasiswa

Seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Lakukan Sosialisasi Covid-19 Melalui Buku Saku MATCOV-19 "Masyarakat Tanggap Covid-19"

24 Juli 2021   16:08 Diperbarui: 24 Juli 2021   16:22 62 1 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Universitas Negeri Malang melalui program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Edisi Covid-19 melakukan Sosialisai "Masyarakat Tanggap  Covid-19" dengan media E-book Saku Matcov'19 dan dalam bentuk Hardfile kepada masyarakat Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pembuatan E-book ini dilakukan oleh Reza Rahayu Prodi S1 Manajemen dengan sistem Work From Home . 

Tujuan Disusunnya Buku Saku MatCov-19 ini adalah untuk mengimplementasikan potongan slogan dari kampus tercinta kami yaitu "UM mendidik dan mengabdi , Berbakti dengan tulus hati, Berkarya membangun jati diri, Cinta kreasi inovasi prestasi". Pengabdian ini dilakukan sebagaimana tujuan dari kampus kami untuk mendidik sehingga kami ingin memberikan pengetahuan yang kami peroleh kepada masyarakat desa dan  bukan sebatas mendidik kami juga mengabdi kepada masyarakat lewat program KKN UM 2021 ini  . 

Inovasi yang kami buat juga sejalan dengan buku yang kami desain dengan melakukan pembaruan(novelti) dari Buku Saku yang ada sebelumnya yaitu dilengkapi komik, materi terbaru terkait covid-19 serta form pemberdayaan masyarakat .  Harapannya dengan adanya buku ini,  masyarakat Desa Selorejo dapat memahami bagaimana melaksanakan protokol kesehatan dengan benar,  menjaga kebersihan dan dapat  memahami pentingnya protokol kesehatan lewat kesadaran mereka membaca materi terkait Covid-19 agar terhindar dari pandemi Covid-19.

Buku saku ini adalah buku saku yang dibuat untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat desa terkait   Pandemi Covid-19. Dengan materi yang ringkas , lengkap dan bahasa yang mudah di fahami diharapkan dapat membantu masyarakat agar tidak malas untuk membacanya . 

Buku ini juga di desain dengan Kombinasi Komik di awal untuk meningkatkan minat membaca bagi anak-anak di desa , tujuannya agar anak-anak memahami betul apa yang harus di lakukan selama masa pandemi berlangsung , terutama melakukan kegiatan protokol kesehatan 7M.

Selanjutnya untuk halaman terakhir, disediakan form pemberdayaan masyarakat desa. Form ini di sediakan untuk mempermudah perangkat desa melakukan penjaringan masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 yang nantinya  akan membantu desa meningkatkan kesejahteraan dan  kesehatan warganya .

Dokpri
Dokpri

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN