Mohon tunggu...
Sagita Regina
Sagita Regina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mahasiswa

Seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN UM Membuat Inovasi Produk Olahan Jeruk untuk Meningkatkan UMKM dan Potensi Daerah

22 Juli 2021   02:44 Diperbarui: 23 Juli 2021   11:45 91 2 0 Mohon Tunggu...

Berdasarkan pelaksanaannya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler tahun 2021 Universitas Negeri Malang di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang telah membuat sebuah produk berupa E-Book yang didalamnya terdapat berbagai informasi diantaranya mengenai keunggulan desa, dan potensi Desa yaitu buah jeruk, sehingga di dalam e-book ini yang berjudul  "Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Jeruk Untuk UMKM Desa Selorejo" dapat menjadi acuan dan tata cara pengolahan jeruk agar dapat dipasarkan melalui sebuah produk olahan makanan berupa selai dan sambal jeruk secara praktis, ekonomis dan mudah untuk diolah, serta awet untuk diperjual-belikan dalam waktu jangka panjang. E-Book disini dapat bertujuan sebagai bentuk sosialisasi secara digital melalui Whatsapp Group yang disebarkan oleh pihak perangkat Desa kepada masyarakat dan utamanya Ibu-Ibu PKK Desa Selorejo untuk dapat mengembangkan produk oalahan makanan ini bermanfaat.

Tim KKN telah melakukan uji coba dan memberikan serangkaian informasi untuk modal, harga jual berapa produk dan keuntungan yang didapatkan apabila produk dipasarkan, selain itu di dalam E-Book ini terdapat video tutorial agar masyarakat dapat lebih memahami mengenai tata cara pengolahan produk, disamping dengan sebuah foto atau gambar langkah-langkah. Penulis E-Book juga memberikan informasi mengenai manfaat buah jeruk untuk kesehatan. Setelah melakukan pembahasan dengan Bu Wiwik Wahyuni selaku DPL yang termasuk pihak yang ahli dan berkecimpung dalam dunia masakan menyatakan bahwa produk dapat siap dipasarkan dengan berbagai kriteria, dari kriteria tersebut dijadikan revisi hingga pembuatan produk dan pengembangan e-book dapat berhasil serta bermanfaat bagi masyarakat dan UMKM di Desa Selorejo.

dokpri
dokpri
            Penulis juga menyertakan tautan download E-Book yang berjudul "Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Jeruk Untuk UMKM Desa Selorejo"

https://drive.google.com/drive/folders/11lqYbmy8PmbRLrdiig75ByiMcVIDKczX?usp=sharing

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN