Mohon tunggu...
Saghirazita
Saghirazita Mohon Tunggu... be the one Allah loves

share kindess, share happiness

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

5 Tips Agar Hijrahmu Istiqomah

9 April 2021   12:03 Diperbarui: 9 April 2021   12:39 27 0 0 Mohon Tunggu...

"Bukan ingin menjadi lebih baik dari orang lain, tapi ingin menjadi lebih baik dari yang kemarin" -author

Hijrah, 1 kata yang mudah diucapkan tapi tak mudah dilakukan. Hijrah memiliki arti, berpindah dari suatu tempat yang kurang baik ke tempat yang lebih baik. Wah wah wah, cukup terdengar mudah ya. Eits tapi apakah mudah untuk dilakukan?

Banyak sekali muda mudi di luar sana yang mungkin tak asing lagi dengan kata Hijrah ini. Dan pemaknaan terhadap hijrah pun berbeda-beda, ada yang berpendapat hijrah itu berubah jadi lebih baik, 'jadi lebih keislam-islaman', atau ada juga bangkit dari rasa keterpurukan ditinggal mantan. hehe.

Nah, ternyata banyak juga nih yang mengeluhkan terkait progress hijrah mereka yang tak kunjung membaik dari waktu ke waktu. Ada yang alasannya belom bisa ninggalin 'kemaksiatan' itu, entah doi, mantan, ataupun oppa oppa Korea :D haha, ada juga yang beralasan kalau belum dapat circle baru, teman-teman yang lama belom mau menerima perubahan yang baru ini. Wah sama banget nih sama author, dulu juga sempat bingung gimana lagi caranya agar hijrahnya istiqomah. Akhirnya ketemu deh beberapa tips yang insyaAllah kalau dilakukan sepenuh hati bisa berjalan mulus nih Hijrahnya, jadi disini author ingin berbagi 5 tips untuk hijrah lebih istiqomah.

1. Niat yang lurus karena Allah Subhanahuwata'alla.

Dalam potongan hadits Arba'in yang pertama, "innamal 'amaalu binniyaat", sesungguhnya amal bergantung pada niatnya. Niat adalah sebuah kunci dari segala perbuatan, Ketika kita melakukan suatu perbuatan yang baik, sekecil apapun perbuatan itu, tetapi berlandaskan niat karena Allah Subhanahuwata'allah, maka insyaAllah akan bernilai pahala, lain lagi dengan suatu perbuatan yang besar namun tidak ada niat yang ikhlas karena Allah, melainkan hanya ingin dilihat hebat oleh orang lain, ya yang di dapatkan hanyalah pujian dari oranglain, bukan pahala dari Allah.

Begitu pula dengan hijrah, sekecil apapun hijrah yang dilakukan, tapi dengan niat yang ikhlas karena Allah, maka akan Allah mudahkan segala prosesnya. Contohnya, ada seorang perempuan yang dulunya tidak memakai jilbab, kemudian mendapat hidayah dan rasa ingin Hijrahnya begitu besar, akhirnya diniatkanlah Hijrahnya karena Allah, dan ia pun memulai dengan kerudung yang sudah menutup dada namun belum terhitung besar, tapi karena diniatkan karena Allah maka Hijrahnya akan dimudahkan oleh Allah.

2. Usaha yang besar

Niatnya udah besar nih, tapi ternyata niat doang. Dijalanin enggak, hehe. Nah ini juga bahaya, karena jika niat kita sudah karena Allah, maka ya harus dibarengi dengan usaha yang besar, usaha yang sungguh-sungguh. Karena niat tanpa usaha, bukan tawakal namanya.

Dalam sebuah Hijrah juga membutuhkan usaha, sobat ingin sesuatu, tapi hanya sampai di angan-angan saja, apakah sesuatu itu akan tercapai? Engga.

Contohnya, mau hijrah dari K-Pop, tapi tiap hari masih nonton K-Pop, kalau diminta ibunya untuk belajar, untuk berhenti nonton-nonton K-Pop lagi, alasannya "kan aku udah niat bu, dah cukup, nanti juga hilang rasanya". Ups! Tidak bisa sobat, niat saja tanpa ada usaha, sia-sia. Jadi yuk, mulai dari sekarang jangan niat-niat saja, tapi juga USAHA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x