Mohon tunggu...
Safniyeti
Safniyeti Mohon Tunggu... Pengajar Ilmu Sains. Alumni Pascasarjana IPB University, Major Biologi Tumbuhan.

Aku adalah Aku. Kamu adalah Kamu. Tidak ada satu pun orang yang sama persis pencapaiannya.

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

8 Ide Ngabuburit "di Rumah Aja"

4 Mei 2020   23:33 Diperbarui: 4 Mei 2020   23:24 58 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Ide Ngabuburit "di Rumah Aja"
8 Ide Ngabuburit "di Rumah Aja" (Sumber : jadiberita.com) 

Salah satu kegiatan yang populer saat datangnya bulan ramadhan adalah "Ngabuburit". Kegiatan menunggu azan magrib atau kegiatan menunggu saat berbuka puasa tiba disebut ngabuburit. 

Ngabuburit dapat berupa kegiatan berburu takjil, memasak, menonton televisi, berjalan-jalan keliling kompleks atau kegiatan apa saja yang dapat dilakukan menjelang azan magrib tiba.

Bulan Ramadhan tahun 2020 ini terasa sangat berbeda. Indonesia bahkan seluruh dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Sehingga pemerintah menerapkan berbagai aturan untuk mencegah meluasnya pandemi ini. Salah satunya pemerintah menerapkan PSBB dan melarang warga untuk bepergian jika dirasa tidak terlalu penting atau darurat. Apa itu PSBB dapat dilihat pada link berikut ini https://www.kompasiana.com/safniyeti85179/5e84bad8097f3602c22ca232/perlukah-darurat-sipil-disaat-corona-mewabah-di-indonesia

Dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah, maka kegiatan ngabuburit saat ramadhan tahun ini lebih baik dilakukan di rumah. Berikut 8 ide ngabuburit yang dapat dilakukan di rumah : 

1. Memasak 

Yang biasanya berburu takjil di pasar kaget atau pasar dadakan (pasar yang ditemukan hanya pada bulan ramadhan) atau pun berburu takjil gratis di luar rumah khusus tahun ini jangan terlalu sering dilakukan. Jika memang harus keluar, sebaiknya intensitasnya dikurangi. Lebih baik dimasak sendiri di rumah. 

Keuntungan memasak sendiri takjil adalah : lebih hemat, porsi lebih besar, kebersihan lebih terjamin, bahan makanan yang digunakan terjamin kualitasnya, dan bebas pengawet, pewarna, serta pemanis buatan. 

2. Mengaji

Mengaji dibulan ramadhan sangat dianjurkan bagi yang beragama muslim. Minimal selama ramadhan khatam membaca al-qur'an sebanyak 1 kali. Waktu yang tepat untuk mengaji adalah menjelang berbuka. Itu versi saya ya.. Dari pada gabut, mending ngaji.

3. Mengikuti kajian daring 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN