Mohon tunggu...
Safitri Ahmad
Safitri Ahmad Mohon Tunggu... Arsitek - arsitek lansekap, urban planner, penulis

Saya senang menulis, terutama tentang arsitektur, arsitektur lansekap, perkotaan, selain mengerjakan proyek lansekap dan kajian. Lahir dan besar di Bukittinggi, dan info tentang kota ingin saya bagi untuk pembaca, yang mungkin bermanfaat untuk pembaca yang ingin mampir ke kota itu. Saat ini, saya punya 3 web pribadi, safitriahmad.com, jamgadang04.com, dan cemilanminang.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka dan Peta Persebaran Kasus Corona

2 Juli 2022   12:21 Diperbarui: 2 Juli 2022   12:46 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ada wacana bahwa sekolah tatap muka akan segera dilaksanakan pada Januari 2021. Sampai saat ini pemerintah DKI Jakarta belum memutuskan untuk membuka sekolah tatap muka. Mereka masih mempertimbangkan banyak hal, terutama keselamatan dan kesehatan para siswa agar terhindar dari virus Corona.

Mendikbud mengajukan sejumlah syarat kepada pemerintah daerah yang akan menyelenggarakan sekolah tatap muka, yakni sarana sanitasi dan kebersihan seperti toilet bersih dan layak, serta adanya sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan disinfektan.

Juga, mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan; kesiapan menerapkan wajib masker, memiliki thermo gun, memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid tidak terkontrol dan tidak memiliki akses terhadap transportasi yang aman, hingga memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko Covid-19 yang tinggi atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri.

Peta Kota

Peta Persebaran Positif Covid-19 merupakan bagian dari peta kota. Peta kota merupakan peta dua dimensi yang memberikan informasi kota yang penting, yang bersifat tematik, misalnya jaringan jalan, perkantoran pemerintah, kawasan perdagangan, kawasan industri, dan kawasan pendidikan.

Saat ini, kita membutuhkan informasi tentang Persebaran Positif Covid-19, lokasi sekolah, lokasi tempat tinggal warga yang berkegiatan di sekolah itu, jalur yang mereka lalui dari rumah ke sekolah dan sebaliknya, serta jalur transportasi kendaraan umum yang melalui rumah dan sekolah.

Ditambah, mendapatkan persetujuan komite sekolah atau perwakilan orangtua atau wali.

Ada poin yang berhubungan dengan kondisi kota, yaitu akses transportasi dan tempat tinggal warga satuan pendidikan yang dapat dikaitkan dengan Peta Persebaran Positif Covid-19. Apa lagi informasi yang dibutuhkan bila belajar tata muka kembali hadir? Lokasi sekolah, lokasi tempat tinggal warga yang berkegiatan di sekolah itu, transportasi yang digunakan (kendaraan umum, kendaraan pribadi, berjalan kaki), jalur yang mereka lalui dari rumah ke sekolah dan sebaliknya, dan tentu saja Persebaran Positif Covid-19 di kota/area masing-masing.

Kita ambil kasus DKI Jakarta. DKI mempunyai web khusus (https://corona.jakarta.go.id/id) tentang perkembangan kasus Covid-19 sampai tingkat RW yang diperbarui setiap hari, sehingga kita dapat memantau perkembangan di setiap kelurahan dan RW. Peta Persebaran Positif Covid-19 di tingkat kelurahan dibagi menjadi 5 kategori berdasarkan kasus positif aktif. Yang paling kecil jumlah pasien antara 1-15 kasus, sedangkan yang paling besar dari 71-110 kasus (https://corona.jakarta.go.id/id/peta-persebaran). Walaupun, dalam peta persebaran itu tidak ditampilkan alamat pasien.

Lalu apa hubungannya peta Persebaran Positif Covid-19 tersebut dengan membuka sekolah tatap muka? Jika sekolah membuat peta persebaran tempat tinggal warga satuan pendidikan/sekolah, kedua peta tersebut dapat ditumpang tindih (antara Peta Persebaran Tempat Tinggal Warga Satuan Pendidikan dan Peta Persebaran Positif Covid-19). Sekolah dapat memantau kondisi kasus terkini di RW/kelurahan warga satuan pendidikan.

Ada perbedaan mendasar antara kedua peta itu, yaitu Peta Persebaran Positif Covid-19 bergerak naik turun (tergantung jumlah kasus positif aktif), sedangkan Peta persebaran Tempat Tinggal Warga Satuan Pendidikan tetap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun