Mohon tunggu...
Shafira Azzahra
Shafira Azzahra Mohon Tunggu... <3

LOVE YOURSELF, LOVE MYSELF, PEACE <3

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

MY FIRST LOVE

12 Oktober 2019   23:58 Diperbarui: 13 Oktober 2019   08:22 0 4 0 Mohon Tunggu...
MY FIRST LOVE
ilustrasi kedekatan antar anak dan ayah by kumparan.com

Seorang anak gadis berkata kepada ayahnya "suatu hari nanti aku akan menemukan pangeranku, tapi ayah tetaplah rajaku".

     Berbicara tentang kelekatan  pastinya tidak jauh - jauh dari peran  serta dampak dari orang tua. Tidak ada bedanya kedekatan yang akan ditimbulkan dari kelekatan baik itu ayah maupun ibu, semua pasti sama - sama memberikan dampak positif bagi anak. Namun, sering kali kita temui ada banyak sekali ayah - ayah yang tidak dekat dengan anak perempuannya atau lebih tepatnya susah untuk dekat dengan anak perempuannya karena tidak memiliki hobi dan kesukaan yang sama.

     Padahal bedasarkan penelitian, ada banyak sekali hal positif yang akan didepatkan anak perempuan kita jika terjalin hubungan yang baik dengan ayah seperti menjadi lebih percaya diri, mengasihi sesama, peduli dengan orang lain, lebih disiplin, dan menghargai diri sendiri dengan baik.

Terus, apa yang harus ayah lakukan agar bisa dekat dan menjadi "first love" yang baik  untuk anak perempuannya ?

1. Mendengarkannya.  

     Anak gadis biasanya senang sekali bercerita (bukan gossip ya). Tidak butuh banyak waktu, tapi ketika anak gadis kita sedang bercerita tolong  untuk dengarkan. Dengarkan baik - baik apapun topik pembicaraannya, baik tentang harinya, tentang mimpinya, tentang hobi barunya, ataupun tentang teman - temannya. Dengarkan dan beri tanggapan, dengan begitu anak akan merasa dirinya berharga. Hal inilah yang akan menimbulkan self - esteem (penghargan diri) yang tinggi pada anak.

2. QT

     Jangan Cuma sama mama kencannya, sama anak perempuannya juga harus dong. Untuk menumbuhkan kedekatan khususnya kedekatan emosi antar anak dan ayah hal - hal yang harus dilakukan Seperti : pergi ke mall berdua, olah raga berdua, makan di luar berdua, beli peralatan sekolah berdua, dan lain-lain asalkan berdua yang bertujuan agar mempererat kelekatan antar ayah - anak yang nantinya akan dibawa anak hingga dewasa.

3. Ikut Terlibat Dalam Birthday Partynya.

     Sederhana saja, ikut merayakan ulang tahunnya. memberikan pelukan hangat sembari mengucapkan "selamat ulang tahun", dan beri kado special yang dibungkus dengan cinta ( :v ). Memang terlihat kecil tapi hal-hal seperti ini akan meninggalkan kesan bagus yang akan dibawa oleh anak hingga ia beranjak dewasa. (terharu gitu ceritanya)

4, Ajarkan hal-hal baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x