Muda

Mood Sering Berubah? Kenali Penyebabnya

2 Desember 2017   14:00 Diperbarui: 2 Desember 2017   14:12 473 0 0
Mood Sering Berubah? Kenali Penyebabnya
pict by testeach

Sering kali kita menyalahkan hormn ketika suasana hati sering berubah ubah dalam waktu singkat . Memang ada saat-saat tertentu pada wanita, seperti saat PMS, sehingga hormon di dalam tubuhnya tidak stabil.  Seperti menjadi mudah marah, sedih, tapi tiba tiba ceria, gembira, tapi kemudian sedih kembali. Sangat membingungkan bukan ?

Tapi taukah kamu bahwa penyebab mood mudah sekalia burubah bukan hanya karna hormon saja tetapi ada banyak penyebabnya sepeti berikut :

1. Kurang tidur

Kurag tidur bisa jadi sebagai penyebab mood yg mudah berubah seperti susahnya berkonsentrasi dengan pekerjaan atau saat engerjakan tugas ketika itu juga kesal ga karuan yang disebabkan mengantuk karna kurangnya tidur.

2. Stres dan Kecemasan.

Masing-masing orang mempuyai  caranya tersendiri dalam menghadapi stres. Beberapa orang dapat menanganinya dengan cara yang lebih baik dari pada yang lain. Ketika  Anda punya banyak hal yang dipikirkan seperti konflik dengan pasangan, banyaknya tugas, masalah ekonomi, roommate yang menyebalkan, atau apapun yang lain. kadang-kadang menjadi sangat berat di pikiran dan bisa membuat Anda sangat cemas.

3. Kafein dan Gula

Kebanyakan orang dapat mengontrol konsumsi kafein dengan baik, cukup dengan 1-2 gelas kopi sehari. Tetapi batas kesanggupan tubuh orang terhadap kafein berbeda-beda. Beberapa orang akan merasa mudah gelisah, berdebar-debar jantungnya, dan suasana hati mudah berubah jika kebanyakan minum kopi. Hal yang sama juga berlaku pada gula. Pada awalnya gula bisa memberikan Anda energi yang besar, tetapi jika energi dari gula sudah habis, tubuh Anda akan menguras simpanan energinya. Itulah sebabnya Anda jadi rentan mengalami perubahan suasana hati.

4. Syndrome preenstruasi / PMS

hormon yang tidak stabil adalah penyebab yang patut  disalahkan. Misalnya pada kasus PMS, banyak wanita mengaku merasakan perubahan suasana hati yang cukup besar hingga 2 minggu sebelum dimulainya periode menstruasi.

Lalu bagaimana caranya mengatasi penyebab perubahan mood seperti diatas ?

1. Banyak minum air putih

Dengan meminum air 7-8 gelas sehari bisa menetralisir akibat dari kafei yang kita minum dan juga sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh dari pada meminum air manis yang dapat berpengaruh bagi suasana hati.

2. Cukup tidur

Dapatkan Setidaknya tidur hingga 8 jam dalam sehari. upayakan untuk bangun dan pergi tidur di jam yang sama setiap hari

3. Makan Makanan Sehat

Makanlah dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat kompleks dan protein setiap kali makan, juga setidaknya 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari.

4. Lakukan hobi

Untuk menjaga suasana hati agar tetap stabil adalah dengan melakukan hobi yang kita sukai. Dengan melakukan hobi yang kita sukai dapat menghilangkan stress dan beban pikiran


Semoga bermanfaat^^