Mohon tunggu...
Safira Seli N
Safira Seli N Mohon Tunggu... hallo

suka kucing

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bermain Sambil Belajar bersama Mahasiswa UNS di Tengah Pandemi Covid-19

8 Juli 2020   05:28 Diperbarui: 8 Juli 2020   11:17 46 1 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tetap melaksanakan Kegiatan KKN (Kuiah Kerja Nyata) di tengah pandemi covid-19 ini. Kegiatan KKN dilaksanakan secara daring di daerah masing-masing dengan di dampingi dosen pembimbing lapangan. KKN dibagi menjadi tiga tahap yang pertama tahap 1 , tahap 2 dan tahap 3. 

Saat ini kegiatan KKN tahap 1 yang dimulai pada 1 Mei hingga 19 Juni telah selesai diselenggarakan. Salah satunya tempat kegiatan KKN Era Covid 19 ini berlokasi di Desa Pondok Mulyo, Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten yang telah dilaksanakan oleh Safira Seli Nugrhani. 

"Dalam pelaksanaan kegiatan KKN saya memilih tema bidang supporting pemahaman masyarakat terhadap Covid 19, saya memutuskan untuk memilih tema tersebut karena menurut saya masih rendahnya kesadaran masyarakat akan virus corona ini, masyarakat masih menganggap remeh virus ini dan masih banyaknya stigma negatif yang diterima para pasien positif Covid 19.

Hal itu membuat saya memutuskan untuk mengangkat tema pemahaman masyarakat tentang virus covid 19 ini dalam program kerja KKN" Ucap dara kelahiran 21 tahun yang saat ini sedang melanjutkan studi di Universitas Sebelas Maret Surakarta jurusan Bimbingan dan Konseling itu. Saya menjalankan KKN ini dengan beberapa program yaitu: Pertama pembagian masker. 

Kedua pemberian informasi mengenai pola hidup sehat dan bersih (PHBS) Ketiga pemahaman mengenai penyebaran Covid-19 dan pencegahan. Keempat membagikan sabun cuci tangan ketempat umum. Kelima mengedukasi anak-anak tentang covid 19 melalui kuis permainan dan yang terakhir melakukan pendampingan belajar selama masa pandemi ini. 

Pendamipingan belajar pun bervariasi, namun yang paling menarik adalah belajar informasi tentang Covid 19 melalui aplikasi quises. Aplikasi tersebut didesain sangat menarik dan informatif terdapat berbagai pertanyaan yang berkaitan tentang Covid 19, ketika memainkannya anak anak sangat antusias, dalam permainan tersebut juga terdapat skor atau nilai akhir yang menunjukkan sejauh mana mereka paham mengenai virus korona ini. Dan yang paling banyak skor nya tentu akan diberikan hadiah di akhir sesi.

Selain itu pelaksanaan program pun dilaksanakan secara bervariasi yaitu dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Untuk program terjun langsung yaitu dilakukan dengan cara pembagian masker, pembagian sabun cuci tangan, penempelan poster dan banner ditempat tempat strategis, pembelajaran melalui kuis permainan dan pendampingan belajar. Dan untuk kegiatan KKN yang dilaksanakan secara tidak langsung yaitu dengan membagikan informasi melalui grup whatsapp dan sosial media serta pembuatan video cuci tangan yang benar yang kemudian dibagikan secara online. Saya berharap dengan pelaksanaan KKN Era Covid 19 ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya warga Pondok Mulyo mengenai virus Covid 19 ini.

VIDEO PILIHAN