Mohon tunggu...
Safina Ainul Fauziah
Safina Ainul Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Food Technology

Mahasiswa Teknologi Pangan Angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF Lakukan Edukasi pada PKK Desa Japah untuk Membuat Water Kefir

28 November 2021   02:09 Diperbarui: 28 November 2021   03:38 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF Lakukan Edukasi pada PKK Desa Japah untuk Membuat Water Kefir

Japah, Blora- Pandemi masih belum berakhir. Pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mencegah penularan Covid-19. Kebijakan meliputi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mengurangi mobilisasi masyarakat, gerakan 3M dan lain sebagainya.  Membangun imunitas tubuh yang baik juga merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah penularan covid-19. Salah satu cara untuk membangun imunitas tubuh tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik.

Water kefir termasuk ke dalam pangan fungsional yang mengandung probiotik didalamnya. Probiotik yang terkandung didalamnya dapat berdampak baik bagi saluran pencernaan dan kesehatan. Water kefir sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat menurunkan tekanan darah, probiotik yang terkandung didalamnya dapat melawan pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran pencernaan, serta kandungan senyawa yang dihasilkan selama fermentasi data meningkatkan imunitas tubuh.  Namun, minuman ini belum banyak dikenal oleh masyarakat. 

Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF 2021 Program Studi Teknologi Pangan  membuat program untuk mengedukasi masyarakat cara pembuatan water kefir. Sasaran pada kegiatan ini adalah anggota PKK Desa Japah, Blora.

Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF Lakukan Edukasi pada PKK Desa Japah untuk Membuat Water Kefir
Mahasiswa KKN UNDIP X UNICEF Lakukan Edukasi pada PKK Desa Japah untuk Membuat Water Kefir

Program ini bertujuan agar anggota PKK mampu membuat dan mengkonsumsi water kefir secara mandiri sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Edukasi dilakukan di Desa Japah, Blora tepatnya di halaman Kantor Desa Japah. Edukasi dilakukan secara tatap muka. Media yang digunakan dalam pengajaran berupa media cetak berupa brosur berisikan cara pembuatan water kefir dan penjelasan pembuatan water kefir.

Kegiatan edukasi berisikan beberapa materi terkait pentingnya pangan fungsional, jenis pangan fungsional lokal yang dapat dikonsumsi, cara pembuatan water kefir. Bahan yang diperlukan dalam pembuatan water kefir sangat sederhana sehingga diharapkan anggota PKK dapat membuat pangan fungsional secara mandiri.

Kegiatan ini diharapkan masyarakat mampu membuat water kefir secara mandiri. Walaupun water kefir masih merupakan hal baru bagi masyarakat, namun masyarakat mampu memahami materi dan cara pembuatan water kefir dengan baik

Penulis: Safina Ainul Fauziah

Teknologi Pangan

Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Martini, M.Kes.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan