Mohon tunggu...
Safanja Azka Djatmiko
Safanja Azka Djatmiko Mohon Tunggu... a 16 years old girl

siswa SMAN 28 jakarta, kelas XI MIPA 5, no absen 33

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Frustasi Belajar Dari Rumah? Intip Kegiatan yang Bisa Membuat Pikiran "Fresh" Kembali

4 Agustus 2020   09:57 Diperbarui: 4 Agustus 2020   10:00 64 3 1 Mohon Tunggu...

Masa pandemi seperti sekarang ini memang sangat berat dilalui oleh semua kalangan. Baik pekerja kantoran, ibu-ibu rumah tangga, dan para pelajar. Saya sebagai pelajar pun mengakui bahwa kesehatan mental dan fisik saya menurun selama sudah hampir 4 bulan harus menghabiskan waktu dibawah naungan atap rumah. Apalagi ditambah tuntutan untuk tetap belajar seperti hari-hari biasanya mebambah pikiran semakin kacau.


Yang biasanya dapat bercanda gurau dan saling menyemangati satu sama lain di sekolah, kini hanya keluargalah tempat bercakap tatap muka. Selama pandemi ini saya berusaha agar dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari seoptimal mungkin. Tak dapat dihindari, jam-jam pikiran keruh pasti selalu datang. Tetapi kita dapat meminimalisir durasi jam-jam tersebut dengan kegiatan yang dapat kita lakukan semasa pandemi ini. Apa saja? Yuk, kita bahas!

1. Menonton Serial dan Film

Sudah pasti semua orang tahu kalau menonton film dapat merefresh pikiran dan itu memang benar. Apalagi serial seru dengan season dan episode yang banyak. Pasti bikin lupa waktu deh! Tapi jangan sampai kelewatan ya nontonnya. Usahakan hanya menonton 2 sampai 3 episode per hari tergantung durasi episode. Saya sendiri sudah menonton banyak serial dan film semasa karantina, Orang Is the New Black dan Skins (UK) adalah serial yang saya rekomendasikan untuk ditonton pelajar.

2. Melakukan Zoom atau Google Meet bersama teman

Kita semua pasti rindu dengan teman sekolah yang biasanya kita lihat wajahnya setiap hari, kini hanya bisa chattan lewat Line atau WhatsApp. Tetapi, biar seru, kita bisa adakan Zoom party dengan menonton film bareng secara online. Dengan begini kegiatan menonton serial atau film kita semakin asyik dan pikiran pun akan jernih kembali.

3. Biasakan Selalu Bergerak

Selama belajar dari rumah, tak dapat dipungkiri kita menghabiskan kebanyakan waktu untuk duduk atau bahkan tiduran. Padahal, hal tersebut yang membuat kita menjadi malas yang bawaanya ingin tidur saja. Maka dari itu, biasakan selalu bergerak dengan melakukan stretching atau jalan keliling kecil di dalam rumah agar tubuh tetap sehat dan pikiran pun segar.

4. Pastikan Berjemur Setiap Hari

Nah, ini sangat penting namun saya sendiri pun sangat malas melakukannya. Di hari biasa, kita tidak sadar sudah terpapar sinar matahari, saat berangkat sekolah, saat pulang, maupun saat kegiatan ekstrakurikuler. Namun, saat di rumah kini kita harus membiasakan diri dengan sengaja ke depan rumah atau ke balkon agar dapat mendapatkan sinar matahari. Berjemur selama 10 sampai 15 menit saat pagi hari atau sore hari sangat membantu meningkatkan mood kita seharian.

5. Olahraga Teratur

Saya tahu olahraga ditengah-tengah pandemi memang sangat malas rasanya. Tetapi, percayalah setiap minggu, 15 menit olahraga HIIT sudah sangat membantu tubuh kita agar tetap bugar di masa pandemi ini.

6. Habiskan Waktu Bersama Keluarga

Kalau bukan keluarga, siapa lagi yang bisa kita datangi semasa pandemi seperti ini. Cobalah mengobrol atau bercanda dengan adik atau sharing dengan kakak. Saya yakin beban pikiran akan berkurang dan dapat men-distract otak.

7. Tidak Tidur Larut Malam

Nah, ini nih yang paling sering dilakukan kebanyakan pelajar saat masa pandemi seperti ini. Walaupun ada sekolah, tidak dapat dipungkiri bahwa sekolah di rumah lebih fleksibel dan terasa seperti tidak sekolah. Sehingga banyak yang lalai hingga tidur larut malam. Boleh boleh saja kok, saya juga sering. Tetapi, usahakan selalu tidur sebelum pukul 10 malam ya. Agar saat pelajaran jarak jauh dimulai, kita tidak mengantuk dan otak menjadi siap menerima pelajaran.

Itulah tujuh tips yang dapat saya bagi jika kalian merasa frustasi dan stress semasa belajar dari rumah saat pandemi ini. Sekarang mungkin menjadi waktu yang berat untuk dilalui para pelajar, tetapi kita tidak boleh terlarut dalam pikiran kotor dan harus tetap berpikir positif dan berusaha untuk menjadi lebih baik. Semoga artikel saya ini dapat membantu para pembaca yang sedang kesulitan dan butuh pendistract. Terus semangat ya semua!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x