Mohon tunggu...
Safa Buana Ramadhani
Safa Buana Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030145

Masih belajar menulis maaf kalau berantakan, semoga artikel disini bermanfaat. Selamat membaca semuanyaa!

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kenali Sebab Munculnya Mata Panda dan Kantung Mata, Bagaimana Cara Mengatasinya?

29 Juni 2021   19:07 Diperbarui: 29 Juni 2021   19:14 132 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali Sebab Munculnya Mata Panda dan Kantung Mata, Bagaimana Cara Mengatasinya?
simomot.com

Setelah mendengar kantung mata pasti kalian akan berpikir bahwa itu adalah mata panda. "Orang yang memiliki kantung mata pasti wujud matanya seperti panda" iya bukan?

Istilah mata panda tersebut sering diucapkan karena bentuk bawah mata  menjadi warna hitam, melihat kondisi tersebut lalu orang-orang menyebutnya sebagai mata panda. Padahal, mata panda dan kantung mata adalah dua hal yang berbeda.

Kalian tahu enggak sih arti kantung mata, mata panda yang sebenarnya? dan apa perbedaannya? Memang, jika belum tahu secara pasti dua hal tersebut dianggap sama, agar lebih jelas yuk kita bahas satu persatu.

tribunnews.com
tribunnews.com
Mata panda adalah kondisi dimana terdapat lingkaran bewarna kehitaman di sekililing mata, disebabkan karena pembuluh darah di bawah kulit mata yang menipis dan juga melebar. Pembuluh darah yang melebar menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata dan membentuk kantung mata. Masalah seperti ini bisa terjadi kepada siapa saja, bisa pria maupun wanita dan juga kepada tua ataupun muda.

Ternyata banyak faktor yang menyebabkan hal seperti ini terjadi tetapi faktor utamanya adalah skurangnya waktu untuk beristirahat. Memang benar, kurangnya waktu istirahat seperti waktu tidur berantakan adalah penyebab kemunculan warna hitam di bawah mata.

Selain itu, karena terlalu lama menatap layar komputer atau handphone dalam waktu yang cukup lama, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut terjadi karena mata menjadi tegang dan lantas berdampak pada pembesaran pembuluh darah di sekeliling mata menimbulkan warna menghitam di area sekitar mata.

Ada banyak lagi faktor kemunculan mata panda ini seperti alergi, pola makan yang tidak baik, stress, kelelahan, paparan sinar matahari, merorok, meminum alkohol, faktor genetik (keturunan), penuaan dan masih banyak lagi.

Sedangkan kantung mata adalah adanya lekukan bawah mata disertai dengan kehitaman dan juga garis-garis kerutan, jika dibiarkan akan timbul cekungan yang berisi lemak dan membuat mata terlihat memiliki kantung. Dengan adanya cekungan kulit juga bisa mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata.

Penyebab kantung mata ada banyak faktor bisa karena genetik tetapi bukan karena adanya faktor keturunan menjadi tidak bisa disembuhkan, usia atau penuaan dan masih banyak lagi. Biasanya stepnya dari mata panda dulu baru kantung mata.

Meski tidak mengganggu kesehatan kita, terkadang kondisi seperti ini bisa mengganggu penampilan kita.  Tapi, jangan khawatir, masih ada cara kok untuk mengatasinya. Nah, terus bagaimana sih caranya mengatasinya? Yuk simak pembahasan berikut agar membantu kalian untuk mengatasinya, disimak ya!

1. Menjaga pola hidup

Hindari makanan dan minuman yang mengandung garam dan minuman yang mengandung kafein ataupun alkohol yang berkadar tinggi. Karena, dengan rutin mengonsumsi alkohol justru dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi dehidrasi. Nah dehidrasi inilah yang dapat menyebabkan kantung mata dan lingkaran bawah mata muncul. Padahal yang paling penting adalah memastikan kebutuhan dalam air terpenuhi agar kulit tetap terjaga.

2. Menggunakan tabir surya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN