Mohon tunggu...
Muhammad Arif
Muhammad Arif Mohon Tunggu... Mahasiswa - Author Wannabe

Cuma pengen nulis apa yang pengen aku tulis. Sastra Inggris UNDIP angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengajar Bahasa Inggris dengan Furigana

16 Juli 2022   19:30 Diperbarui: 16 Juli 2022   19:37 152 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: Instagram @pushmint85

Apa itu Furigana dan apa manfaatnya dalam pengajaran Bahasa Inggris?

Secara singkat, furigana merupakan hiragana yang diletakkan di atas huruf kanji dimaksudkan sebagai panduan membaca. 

Pada prakteknya, furigana ini selain menunjukkan cara baca yang "khusus," juga sebagai sarana bagi para pemula untuk belajar membaca. Lalu, apa hubungannya dengan Bahasa Inggris? 

Apakah Furigana hanya bisa diterapkan dalam Bahasa Jepang? Tidak, guys, konsep ini malahan satu hal yang menurutku paling efektif jika digunakan sebagai bahan mengajar.

Sumber foto: Instagram @pushmint85
Sumber foto: Instagram @pushmint85

Tentu belajar bahasa merupakan hal yang sangat sulit di tahap-tahap awal, terlebih lagi jika kosakata yang kita kuasai belum sepenuhnya cukup untuk memahami suatu teks tertentu. 

Bagi kita orang dewasa saja cukup sulit, bagaimana dengan anak-anak yang pada dasarnya tidak mungkin kita bebani dengan hal yang begitu berat seperti menghafal kosakata dengan cara umum.

Menilik kembali pengalaman pribadi, mencari definisi suatu kata (pengertian, bukan terjemahan secara literal) akan lebih efektif dalam hal pemahaman, namun hanya sebaliknya jika yang kita kejar adalah waktu dan banyaknya kosakata yang dapat dipahami. Guru mungkin bisa saja membacakan terjemahan suatu teks dan murid disuruh menulis ulang. 

Namun, jika ada suatu kata yang si murid benar-benar tidak dapat mengerti atau lupa apa terjemahannya, mereka akan terpaksa membuka kamus. Beruntung jika murid yang bersangkutan cukup rajin, bagaimana kalau tidak? Bukankah angka tidak mengerjakan PR dan lebih memilih untuk bermain termasuk fenomena sosial yang tidak jarang terjadi?

Sumber foto: Instagram @pushmint85
Sumber foto: Instagram @pushmint85

Dengan furigana, murid akan dapat melihat dua teks secara bersamaan tanpa harus membandingkan kertas. Bayangkan saja jika murid SD diberi teks seperti ini, tentu para murid akan terlebih dahulu lelah membandingkan. Dengan furigana, mereka juga tidak perlu mengingat terjemahan yang dibacakan guru, maupun hal merepotkan lainnya. Lalu, bagaimana pengaplikasiannya?

Cara Penulisan Furigana di WPS:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan