Mohon tunggu...
Saepullah
Saepullah Mohon Tunggu... Guru - Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Aku adalah manusia pembelajar, berusaha belajar dan juga berbagi info yang baik untuk perbaikan diri selaku manusia. Melihat info yang kubagikan bisa melalui: https://www.ceritasae.blogspot.com https://www.kompasiana.com/saepullahabuzaza https://www.twitter.com/543full https://www.instagram.com/543full https://www.youtube.com/channel/UCQ2kugoiBozYdvxVK5-7m3w menghubungi aku bisa via email: saeitu543@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Beginilah Strategi Net-Zero Emission di Sekolah

21 Oktober 2021   15:48 Diperbarui: 21 Oktober 2021   15:52 293 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Masa Pandemi Covid 19 menjadi masa efektif dalam penanganan Net Zero Emissions. Apalagi di masa adanya kebijakan lock down. Hal ini dikarenakan adanya perusahaan atau lembaga yang menghentikan beberapa aktivitas pendukung meningkatnya efek rumah kaca. 

Namun, demikian saat ini sudah mulai berlakunya masa kembali ke perusahaan untuk para pekerja. Bahkan para pelajar dan institusi pendidikan juga sudah diperkenankan kembali ke sekolah untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Ada sebuah kekhawatiran, jika aktivitas sudah mulai berjalan sebagaimana mestinya, hal ini akan mengembalikan kasus Covid 19 makin meningkat serta perubahan iklim pun mengalami ke arah yang lebih parah lagi. 

Ya, karena tentu saja dunia industri mulai mengaktifkan beberapa mesin industrinya, pun dengan aktivitas energi buang yang akan tidak terjaga dengan baik. Pun demikian dengan kondisi dunia pendidikan, dengan pola budaya yang tidak terjaga lebih baik pada peserta didik bisa memperparah iklim ke lebih buruk lagi.

Jika saja melihat lebih jauh bahwa dunia pendidikan menjadi cara efektif dalam mengkampanyekan Net-Zero Emissions (NZE). Ini merupakan sebagai dasar penyebaran informasi kepada peserta didik (siswa) untuk bisa dilaksanakan dalam kehidupan sejak dini hingga saat di masyarakat nantinya. Ada beberapa strategi Net-Zero Emissions yang dilakukan guna memberikan sebuah teladan kepada peserta didik saat berada di sekolah:

1. Pengurangan Air Minum dalam Botol Kemasan

Langkah yang sangat efektif sebagai gerakan Net-Zero Emissions (NZE) yaitu pengurangan air minum dalam botol kemasan. Nah, di sekolah tempatku mengajar juga melaksanakan hal tersebut. 

Sebelum pandemi Covid 19 sekolah sudah mulai mengkampanyekan kepada peserta didik untuk membawa botol minum sendiri bahkan juga air minumnya tentu saja. 

Namun, jika air minum yang dibawa dari rumah sudah habis, siswa tinggal ambil air minum yang disediakan sekolah untuk dituangkan ke dalam botol minum siswa masing-masing.

Ilustrasi pribadi
Ilustrasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan