Mohon tunggu...
SADIMIN WONG BREBES
SADIMIN WONG BREBES Mohon Tunggu... Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII (Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kab. Pekalongan)

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Dampak Covid-19, Tempe Busuk pun Enak Dimakan

27 Maret 2020   17:11 Diperbarui: 27 Maret 2020   17:18 41 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Covid-19, Tempe Busuk pun Enak Dimakan
Sambel Lethok (dok.Pribadi)

Dalam masa stay at home atau tinggal di rumah karena dampak Covid-19 seperti saat ini, seorang ibu rumah tangga harus berpikir kreatif untuk menyajikan menu yang berbeda beda setiap harinya. Hal ini dilakukan agar tidak timbul kebosanan dalam menyantap makanan di rumah. Suatu menu makanan yang belum pernah dicobapun akhirnya berhasil dimasaknya, dan  enak saat disantap bersama keluarga.

Seingat saya selama 18 tahun menikah dengan istri belum pernah memasak menu yang satu ini. Namun karena situasi dan kondisi saat ini akhirnya istri berhasil pecah rekor memasak menu yang menjadi kesukaan saya sejak kecil. 

Menu yang biasa biasa saja jika istri yang masak terasa luar biasa. Adalah sambal tumpang atau lebih dikenal dengan sambel lethok, merupakan menu khas Boyolali tempat kelahiran saya. Istriku kurang akrab dengan menu sambel lethok ini, dia kelahiran Brebes dan memang tidak ada sambel lethok di Brebes.  Namun saat ini dia berhasil membuat sambel lethok dengan sukses demi suami dan keluarga tercinta. 

Makanan khas boyolali ini, berbahan dasar tempe yang telah busuk atau tempe bosok. Tempe yang telah busuk ini memiliki rasa agak sangit, namun setelah diolah dengan aneka bumbu yang khas akan terasa nikmat. 

Dalam suasana seperti ini sangat nikmat kiranya mengkonsumsi makanan hangat dan pedas, yaitu sambel lethok. Sambel lethok ini biasanya dinikmati di pagi hari dan banyak ditemukan di warung makan di Boyolali. Sambel lethok ini biasanya untuk sayur pada bubur atau nasi dan cocok disajikan dalam kondisi masih panas. Makanan khas boyolali ini sangat cocok dengan lauk apa saja, cocok dengan telur, tempe, kerupuk dan daging ayam.

Untuk membuat satu mangkuk besar sambel lethok, bahan yang disiapkan adalah tempe semangit atau mau busuk setengah papan, tahu, dan santan. Sedangkan bumbu yang digunakan adalah kencur, bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, garam, gula dengan takaran proporsional.

Adapun cara membuat  sambel lethok ini adalah tahu direbus bersama lengkuas, daun jeruk dan daun salam.  Bahan bahan lainya seperti tempe semangit, cabe, kencur, bawang merah, dan bawang putih dikukus atau direbus dipanci terpisah. Setelah empuk dihaluskan dan dimasukkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan dalam rebusan kuah.

Kemudian dimasukkan garam dan gula selanjutnya ditunggu sampai bumbu dan kuah benar benar menyatu. Selanjutnya santan dimasukkan dan tunggu beberapa saat, sambel lethok sudah matang dan siap disajikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x