Mohon tunggu...
Hr. Hairil
Hr. Hairil Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis itu kebutuhan, bukan hiburan.

Institut Tinta Manuru

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Gagasan Paling Berisiko adalah Gagasan Terbaikmu

25 Mei 2021   14:22 Diperbarui: 6 Juni 2021   16:06 476
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Teamwork | Sumber: Pexels/fauxels

Bekerja sendiri, semua orang sudah tentu mengalami atau pun melakukannya. Demikian juga bekerja secara teamwork, tidak ada satu pun kita yang tidak pernah melakukan kerja secara tim.

Pernah melakukan pekerjaan secara tim merupakan satu momen penting secara pribadi. Tentunya, pekerjaan yang dilakukan secara tim ini memberikan kita sebuah kesempatan besar mengenai bagaimana cara kita melihat pengalaman.

Kerja tim adalah capaian tujuan yang dilakukan oleh beberapa orang dengan mengkonsolidasikan sejumlah kemungkinan, biasanya bekerja tim selalu ada di dunia organisasi atau sejenis itu.

Kerja adalah sesuatu yang direncanakan menurut pandangan Frans Von Magnis. Dalam etos kerja profesional, Jasnn Sinamo menyebut fungsi kerja ada beberapa bagian, kerja adalah panggilan, amanah, seni dan pelayanan. Menurut pandangan Pakar Manajemen, Peter F Drucker, kerja merupakan bagian sentral dalam kehidupan.

Dari definisi kerja menurut beberapa tokoh di atas, dapat kita simpulkan bahwa kerja merupakan suatu semangat dalam diri seseorang yang mendorong dirinya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Kerja merupakan kolaborasi antara proses dan tujuan.

Setiap organisasi, pekerjaan sering dilakukan oleh pekerja secara kelompok, biasanya disebut teamwork. Teamwork dalam arti yang sederhana adalah proses sesuatu tujuan yang dilakukan secara bersama-sama.

Kerja tim atau dapat disimpulkan bahwa kerja sama ini mengingatkan kita kembali pada konsep gotong royong yang memiliki tujuan menyelesaikan sesuatu yang berat secara bersama-sama baik fisik mau pun non fisik.

Saya lebih suka menyebut teamwork sebagai kerja kelompok, sehingga definisi kelompok dari De Vito (1997) sangat tepat digunakan untuk menjelaskan suatu kelompok dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kelompok menurut De Vito merupakan sekumpulan individu kecil bagi semua anggota untuk mempermudah komunikasi, kurang lebih seperti menurut De Vito.

Dia juga mengatakan bahwa kelompok mengembangkan norma-norma atau peraturan yang mengidentifikasi tentang apa yang dianggap sebagai perilaku yang diinginkan bagi semua anggotanya

Saya menyimpulkan kerja tim sebagai kerja kelompok sebagaimana definisi di atas. Kerja kelompok dilakukan sebagai langkah untuk menempuh suatu tujuan yang tidak mudah, menyeimbangkan proses berjalannya visi dan misi sebagai satu tujuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun