Hairil Sadik
Hairil Sadik Penikmat Kopi

Institut Tinta Manuru

Selanjutnya

Tutup

Jakarta highlight

Nyala Api di Kabel Listrik Membuat Panik Warga Utan Kayu Utara

8 Oktober 2017   03:02 Diperbarui: 8 Oktober 2017   03:46 466 2 1
Nyala Api di Kabel Listrik Membuat Panik Warga Utan Kayu Utara
dokumentasi pribadi

Pukul 02.10 wib minggu dini hari, nyala api dikabel listrik jalan kayu manis timur Utan Kayu Utara (Jakarta Timur) membuat masyarakat sekitar situ menjadi panik. Tepat depan Ceria Mart Kayu Manis. 

Satu persatu masyarakat mulai berdatangan melihat nyala api yang makin lama makin bertambah besar, dua kali terjadi letupan-letupan kecil. Sebelumnya, salah seorang pemuda di komplek itu dengan motornya menyusuri gang-gang mengingatkan warga tentang kejadian yang baru saja terjadi. 

Dari keterangan beberapa orang yang ada disana, sebelumnya tidak terjadi apa-apa, api dengan sendirinya tiba-tiba menyala begitu saja. Petugas PLN pun sudah di hubungi beberapa kali, kata mereka. 

Ketakutan masyarakat sekitar tempat kejadian makin bertambah sebab petugas belum juga datang ke tempat kejadian. 

Petugas baru saja datang di tempat kejadian setelah kurang lebih 15-20 menit setelah dihubungi. Lampu (aliran listrik) , dijalur ini pun degan segera dimatikan

Terlihat gelap dari sepanjang jalan masuk kayu manis utara sampai jalan kayu manis 4. Kerja cepat dan sangat hati-hati dari para petugas dapat meredahkan kepanikan terjadi. 

Beruntung petugas disini sangat cepat merespon kejadian seperti ini, sehingga tidak terjadi kebakaran yang lebih beresiko lebih besar lagi. 

Kemungkinan kebakaran ini terjadi karena tiang listrik dan kabel yang baru saja nyala terlalu dekat dengan pohon. Kabel yang masih menyala berada didalam daun-daun pohon ini yang terlalu rimbun. Nyala api makin besar bukan karena koslet saja, daun dari pohon itu pun ikut terbakar. 

Beberapa orang penghuni rumah dan kosan yang berdekatan dengan lokasi kejadian pun sudah mulai keluar dari tempat mereka tinggal. Karena panik dengan kajadian ini, masyarakat memblokade jalan kayu manis utara dengan maksud tidak terjadi kecelakaan pada pengguna jalan lainnya. 

Satu hal yang sangat penting saat ini, dari kejadian malam ini. Menjadi pengalaman baik bagi petugas PLN ataupun masyarakat bahwa efek terlalu dekatnya pohon dan apalagi dunnya sudah menyentuh kabel listrik. Maka, segera di bersihkan sebelum kejadian yang sama terulang lagi. 

Bisa jadi membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaiki kabel-kabel yang terbakar, karena sudah kurang dari kurang 10-20 menit setelah lampu di matikan, para petugas masih terlihat sibuk dengan tugas mereka. 

Lampu baru bisa hidup (nyala) lagi pada pukul 02.54 wib. Masyarakat pun satu persatu mulai bubar meninggalkan tempat kejadian. Aktivitas kembali seperti biasa meskipun masih ada sedikit rasa panik.