Mohon tunggu...
Sadhana EAmitra
Sadhana EAmitra Mohon Tunggu... PT Sadhana Ekapraya Amitra

Menyediakan informasi seputar mesin pendingin dan hal-hal lain yang terkait di dunia mesin pendingin.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Menentukan Freezer yang Tepat untuk Menyetok Makanan

15 April 2020   16:43 Diperbarui: 15 April 2020   16:44 83 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menentukan Freezer yang Tepat untuk Menyetok Makanan
Dok. SEA Sadhana

Seiring dengan anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah dalam pandemi yang kita hadapi saat ini, banyak orang memilih untuk membeli dan menyimpan bahan makanan di freezer secukupnya untuk digunakan selama beberapa waktu. Daripada harus pergi membeli bahan makanan setiap harinya, menyetok bahan makanan dinilai cukup baik dan lebih aman.

Tidak hanya bahan mentah, masakan setengah jadi atau yang sering disebut dengan pre-cooked meals menjadi makanan yang paling diminati saat ini. Selain dengan cara membeli, banyak orang lebih memilih untuk membuat sendiri makanan setengah jadi-nya sendiri oleh karena alasan kesehatan dan kebersihan. Makanan ini dapat bertahan 3 hingga 6 bulan jika disimpan dengan baik.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat menyimpan makanan yaitu pembungkus dan suhu penyimpanannya. Jika kedua hal ini telah dipenuhi, makanan yang disimpan dapat terjaga kualitasnya. Untuk makanan yang ingin disimpan dalam jangka waktu lama harus disimpan pada suhu freezer untuk menghambat perkembangan bakteri.

Penyimpanan makanan sangat dianjurkan menggunakan freezer terpisah dari kulkas makanan dan minuman sehari-hari untuk menghindari kontaminasi bau, atau lainnya. Beberapa hal berikut ini dapat dipertimbangkan saat berencana membeli freezer:

  • Kapasitas Freezer
    Pilihlah freezer dengan kapasitas yang tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar. Freezer berkapasitas 200 Liter sangat cocok untuk digunakan pada rumah tangga.

  • Material
    Cari freezer dengan material yang berkualitas agar awet dan mudah dibersihkan. Material Galvanized Painted Steel dengan warna putih menjadikan freezer terlihat lebih bersih dan elegan.

  • Tegangan Listrik
    Tegangan listrik rumah yang sering naik turun dapat merusak alat elektronik jika dibiarkan dalam jangka waktu lama. Jika tegangan listrik di rumah tidak stabil, gunakan freezer yang mampu tetap bekerja pada tegangan listrik yang rendah. Hal ini juga berlaku pada alat elektronik lainnya.

  • Castor Wheel
    Castor Wheel atau roda pada freezer juga menjadi bahan pertimbangan saat memilih freezer. Dengan adanya roda, pemindahan freezer dapat dilakukan dengan lebih mudah.

  • Pengunci Freezer
    Apalagi fungsi dari kunci kalau bukan untuk keamanan. Freezer dengan pengunci memastikan makanan yang disimpan di dalamnya tetap dalam keadaan aman walaupun ditinggal.

  • Layanan Purna Jual
    Tidak hanya garansi, pastikan freezer yang dipilih memiliki layanan purna jual yang terpercaya untuk menjamin perawatan ataupun perbaikan freezer dapat dilakukan dengan mudah di kemudian hari.

VIDEO PILIHAN