Mohon tunggu...
Sadhana EAmitra
Sadhana EAmitra Mohon Tunggu... PT Sadhana Ekapraya Amitra

Menyediakan informasi seputar mesin pendingin dan hal-hal lain yang terkait di dunia mesin pendingin.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Siapkan Lemari Pendingin Ini untuk Memulai Bisnis Restoran

17 Februari 2020   15:54 Diperbarui: 17 Februari 2020   16:02 107 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapkan Lemari Pendingin Ini untuk Memulai Bisnis Restoran
sadhanas.co.id

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang saat ini tengah digemari. Hal pertama yang harus ditentukan adalah konsep restoran. Apakah restoran yang dibuka akan menjadi restoran cepat saji atau yang nyaman untuk nongkrong berlama-lama. Jenis makanan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan setelahnya.

Jika konsep sudah didapatkan, mulailah mencari lokasi. Lokasi yang baik merupakan penentu kesuksesan setiap bisnis restoran. Pilihlah lokasi yang mudah diakses banyak orang dengan area parkir yang cukup tersedia. Perhatikan juga harga sewanya apakah sesuai dengan budget atau tidak.

Selanjutnya, tentukan juru masak, dan mulailah memilih peralatan masak serta lemari pendingin yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini merupakan beberapa jenis lemari pendingin yang biasa digunakan pada restoran:

  • Freezer
    Berfungsi untuk membekukan atau menjaga makanan tetap dalam keadaan beku, freezer mampu mendinginkan makanan pada suhu -25 - 0C. Pada suhu tersebut bakteri akan tidur sehingga dapat mencegah pembusukan makanan walaupun saat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Berdasarkan bentuk dan kegunaannya, freezer terdiri dari beberapa jenis yaitu chest freezer, glass freezer, serta air blast freezer.

  • Chiller
    Biasa digunakan untuk menjaga kesegaran makanan di dalamnya, chiller mendinginkan makanan pada suhu 0 -- 10C. Selain itu, chiller juga digunakan untuk mencairkan makanan beku dengan cara meletakkannya pada chiller selama semalaman. Beberapa jenis chiller yang cocok digunakan pada restoran yaitu showcase, open showcase, self service showcase, dan lainnya.

  • Juice dispenser
    Dapat mempersingkat waktu penyajian minuman, juice dispenser biasanya digunakan di hampir seluruh caf atau restoran. Selain memiliki beragam pilihan kapasitas, Sadhana Ekapraya Amitra juga menawarkan pilihan juice dispenser dengan fitur penghangat yang dapat menghangatkan minuman yang disimpan di dalamnya.

  • Ice machine
    Kebanyakan restoran saat ini masih menggunakan es batu kiloan untuk memenuhi kebutuhan es batunya. Tak jarang ditemui masalah pengantaran yang tidak tepat waktu, kualitas es batu yang kurang baik dan lain sebagainya kerap mengganggu bisnis. Ada baiknya restoran memiliki dan membuat sendiri es batunya menggunakan ice machine yang tidak hanya mampu menghemat waktu, namun juga menghemat biaya produksi es batu serta menghasilkan es batu yang berkualitas.

Berikut di atas beberapa lemari pendingin yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis restoran. Selamat mencoba!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x