Mohon tunggu...
Achmad Nur Hidayat
Achmad Nur Hidayat Mohon Tunggu... Mereka panggil saya Achmad a.k.a. Sadewa ~𝐂𝐚𝐭𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐧𝐮𝐣𝐮 𝐒𝟏~

𝐌𝐚𝐡𝐚𝐬𝐢𝐬𝐰𝐚 𝐈𝐥𝐦𝐮 𝐊𝐨𝐦𝐮𝐧𝐢𝐤𝐚𝐬𝐢 𝐔𝐈𝐍 𝐒𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐊𝐚𝐥𝐢𝐣𝐚𝐠𝐚 -𝟐𝟎𝟏𝟎𝟕𝟎𝟑𝟎𝟎𝟕𝟒-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Tips Jitu Memilih Program Studi Kuliah

9 Maret 2021   00:43 Diperbarui: 9 Maret 2021   08:31 99 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Jitu Memilih Program Studi Kuliah
Education vector created by vectorjuice - www.freepik.com

Melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan menjadi tujuan utama sebagian besar siswa, terutama siswa kelas XII yang segera lulus dari sekolah menengah atas dan sederajat. 

Berbagai jalur seleksi masuk perguruan tinggi pun mulai dibuka menjelang berakhirnya semester genap, mulai dari jalur tanpa tes, yaitu menggunakan nilai rapor, sampai jalur tes yang meliputi SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) dan seleksi mandiri.

Sebelum mengikuti berbagai seleksi masuk, kamu sebagai calon mahasiswa harus memahami seluk beluk program studi yang akan kamu pilih untuk dipelajari nanti. 

Berbagai aspek perlu diperhatikan agar nantinya kamu bisa survive bahkan berprestasi di prodi (program studi) yang kamu pilih, jangan sampai salah dalam memilih, ikut-ikutan teman, apalagi asal pilih prodi, karena akan berakibat fatal jika tidak sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

Nah, di bawah ini beberapa hal yang dapat kamu siapkan secara matang sebelum memutuskan program studi yang akan dipilih, saya menekankan bahwa beberapa hal berikut didasarkan pada pengalaman dan pengamatan saya pribadi.

1. Kenali kelemahan, kemampuan, dan potensi diri

Ketika mengikuti tes-tes masuk perguruan tinggi, akan ada dua rumpun jurusan/prodi, yaitu soshum(sosial dan humaniora) dan saintek(sains dan teknologi). 

Cara gampangnya seperti ini, materi yang diujikan dan akan dipelajari di perkuliahan untuk soshum akan berkaitan dengan ips atau ilmu pengetahuan sosial, dan untuk saintek mendalami ipa atau ilmu pengetahuan alam. 

Disini saya tidak akan membahas mengenai pemilihan prodi lintas jurusan, ketika kamu nyaman dan senang mempelajari ipa dan matematika, tidak ada salahnya untuk memilih rumpun saintek, begitupun untuk ips, tentunya dengan beberapa aspek pertimbangan lain.

Apa saja mata pelajaran kamu saat SMA? Pelajaran apa saja yang kamu kuasai dan senang ketika mempelajarinya, apa saja yang dirasa kurang kamu senangi dan nyaman mempelajarinya.

Kenali hal apa yang membuatmu lebih daripada yang lain, cobalah untuk mengenal dirimu lebih dalam sehingga nantinya kamu bisa mengasah ilmu itu jauh lebih baik ketika di kampus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN