Mohon tunggu...
Saddam Husein
Saddam Husein Mohon Tunggu... Mempelajari Pengantar Studi Islam

jangan katakan tidak bisa sebelum anda mencobanya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Metodologi Studi Islam

9 Desember 2019   00:07 Diperbarui: 9 Desember 2019   00:22 313 0 0 Mohon Tunggu...

A. Pengertian

Metodologi berasal dari kata method yang artinya metode dan logos yang artinya ilmu, sedangkan studi islam adalah studi yang mempelajari tentang keislaman. Metodologi studi islam sendiri adalah cara untuk melakukan pengkajian ilmu secara menerima dan utuh atau keseluruhan. Metodologi studi islam merupakan pengenalan metode-metode sebatas teoritis, dan belum tentu terdapat praktik.

B. Objek Studi Islam

Karena islam merupakan agama yang sempurna, dalam metodologi studi islam ini membahas banyak hal tentang keislaman. Objek studi yang dikaji diantaranya adalaha tentang muamalah, ibadah, pemikiran serta ilmu pengetahuan, selain itu juga ilmu kalam, hadist, fiqih, pendidikan islam, dan tasawuf. Objek studi islam juga dikaitkan dengan ilmu pengetahuan umum seperti ilmu hukum, ekonomi, matematika, alam dan lain-lain. Meskipun berkaitan dengan ilmu pengetahuan umum, objek studi islam tetaplah merujuk dsn bersumber kepada Al-Quran dan Hadist.

C. Tujuan Studi Islam

Tujuan dari studi islam ini sendiri adalah untuk mempermudah pemahaman terhadap islam tidak hanya dalam materi tetapi metode untuk mempelajarinya. Fungsi lain yaitu untuk melihat keislaman dari berbagai sudut pandang. Metodologi studi islam mengarahkan kita pada cara memahami islam secara metodologis dengan jalan melakukan kajian dan penelitian tentang islam. Selain itu juga memiliki tujuan yaitu mampu membuat masyarakat yang hidup bertoleran sebab adanya berbagai pandangan tersebut sehingga tidak akan timbul islam yang ekstrem atau fanatis(berlebihan). 

VIDEO PILIHAN