Mohon tunggu...
Sadbah Dalimarta
Sadbah Dalimarta Mohon Tunggu... Situbondo

Salam sejahtera

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Respon Islam Nusantara

3 April 2020   09:28 Diperbarui: 3 April 2020   09:19 10 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum sahabat, bagaimana kabar kalian? Dalam kesempatan kali ini kita akan mebahas Respon Islam Terhadap Budaya nih... yuk kita simak pembahasan kali ini.

Sinkretisme Islam Nusantara

Nah apakah maksud dari sinkretisme? Sinkretisme merupakan suatu proses dimana terdapat perpaduan dari aliran-aliran kepercayaan maupun agama. Menurut beberapa tokoh, Islam nusantara merupakan suatu sinkretisme, bukan merupakan islam yang sebenarnya. 

Menurut pendapat tokoh yang bernama Clifford Geertz berpendapat bahwa ia melihat adanya sebuah elemen yang sinkretik serta juga berupa animistic dalam suatu pola selametan yang berada diwilayah jawa, meskipun sudah diakulturasi budaya, sebab selametan tersebut juga diisi dengann bacaan-bacaan ayat Al-Qur'an. Nah didalam sinkretisme disini terdapat 3 pokok pembahasan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Kemunduran islam pada masa dinasti Abbasiyah, karena adanya kemunduran pada masa dinasti Abbasiyah disini mengakibatkan kemunduran dan kelemahan bagi para ilmuan dan pemikiran islam.

Masyarakat yang berada didaerah jawa memiliki sikap keterbukaan, dengan adanya sifat keterbukaan disini masyarakat jawa terbuka terhadap adanya budaya asing yang datang dari luar, sehingga mereka tidak menutup diri terhadap budaya yang ingin berinteraksi dengan budaya yang lain.

Sebelum Islam masuk diwilayah jawa, masyarakat menganut agama nenek moyang yakni kepercayaan animism. Dinamisme, hindu dan juga budha. Didalam ajaran agama hindu dan budha mereka memiliki suatu ajaran yaitu mengatur hubungan antara manusia dengan tuhan, dan manusia dengan sesamanya, Islam pun demikian mereka mengatur hubungan manusia dengan tuhan, dan juga hubungan dengan sesamanya. 

Akulturasi Islam Nusantara

Akulturasi merupakan suatu proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan dengan kebudayaan asing sehingga dapat diterima dalam kebudayaan itu sendiri tanpa harus menghilangkan budaya aslinya. Dapat diambil dari sebuah contoh yakni pencampuran 2 budaya yang bertemu dalam waktu yang sangat lama. Sehingga saling mempengaruhi antara 2 budaya tersebut. Di Indonesia sendiri, sebelum islam masuk dan berkembang sudah memiliki kebudayaan hindu dan juga budha. 

Akomodasi Islam Nusantara

Pengertian akomodasi sendiri yaitu usaha untuk menyelesaikan sebuah masalah yang mengarah pada keadaan selesainya permasalahan. Seperti contohnya yakni musyawarah dimana musyawarah sendiri sudah menjadi tradisi untuk menyelesaikan masalah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN