Mohon tunggu...
Wahyuni Susilowati
Wahyuni Susilowati Mohon Tunggu... Penulis, Jurnalis Independen

pengembaraan raga, penjelajahan jiwa, perjuangan menggali makna melalui rangkaian kata .... https://web.facebook.com/wahyuni.susilowati

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kartu Pokemon Berharga Fantastis, Bisa untuk Investasi?

25 Maret 2021   10:55 Diperbarui: 25 Maret 2021   11:22 191 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kartu Pokemon Berharga Fantastis, Bisa untuk Investasi?
Kartu fisik Pokemon (tengah) dan kartu NFT NBA Top Shot harganya melangit selama pandemi (doc.DappRadar,, Rarest.org/ed.WS)

Dani Sanchez, YouTuber Pokemon di Los Angeles, yang dikenal oleh penggemarnya dengan sebutan SuperDuperDani, menunjukkan kepada reporter BBC News dua kartu Charizard edisi pertama dan setiap minggu ribuan orang menonton cewek itu membongkar paket-paket koleksi warna-warninya.

Bagi kebanyakan generasi milenial, yang dilanda kegilaan Pokmon pertama mereka di akhir 90-an dan awal 2000-an, kartu-kartu bergambar aneka figur dalam anime monster Jepang tersebut adalah bagian penting dari masa muda mereka. Kartu-kartu itu diperdagangkan di sekolah-sekolah di seluruh dunia dan sesuatu yang dimulai sebagai gim video akhirnya muncul di film, Happy Meals, dan kotak sereal.

Lalu perubahan pemikiran terjadi seperti Dani yang minat masa kecilnya terhadap Pokmon berubah menjadi obsesi untuk mengoleksi selama 15 tahun dan akhirnya dia memutuskan berkarir di situ.

"Kartu Pokmon begitu diminati selama 18 bulan terakhir ini dan itu belum pernah terjadi sebelumnya."Papar Dani sebagaimana dirilis bbc.com,"Kartu-kartu Pokemon akhir tahun 90-an atau awal tahun 2000 dalam kemasan kotak utuh yang belum dibuka awalnya dijual dengan harga USD 100 (senilai Rp. 1.450.000 ); kini barang yang sama ditawarkan senilai USD 20.000 - USD 50.000. Ini gila-gilaan."

Pandemi yang memaksa orang menghabiskan waktu di rumah ditengarai sebagai faktor pendongkrak minat publik mengoleksi kartu Pokemon namun, menurut Dani, hal itu bukanlah satu-satunya alasan.

"Banyak selebriti yang terlibat dengan ikut membelinya seperti Logic, Logan Paul masuk, Shawn Mendes, dan Steve Aoki. Tapi ada sisi lain juga, terkait finansial. Ada sekelompok orang di luar sana yang mendorong (kartu Pokemon) masuk ke pasaran dengan harapan bisa meraih keuntungan nantinya."Tuturnya.

Terbukti mereka memang mendulang profit, situs lelang eBay menyatakan bahwa penjualan kartu Pokmon di AS melonjak 574% selama 2019-2020. Namun itu belum seberapa dibanding penjualan kartu sepakbola yang melejit 1586% pada periode yang sama. Secara umum berbagai jenis kartu koleksi penjualannya meningkat lebih dari duakali lipat di Eropa dan tigakali lipat di Inggris (bbc.com, 19 Maret 2021). Namun kartu-kartu fisik tersebut kini mendapat saingan baru, yaitu NFT (Non-Fungible Token, semacam sertifikat digital untuk kepemilikan aset virtual atau fisik).

Layaknya kartu fisik yang dihargai sampai ribuan poundsterling, NFT bahkan bisa mencapai jutaan. Aset yang dicakup bisa berupa klip video, gambar atau gif, kepemilikan NFT dapat dilacak dan diverifikasi. Di zona memorabilia olahraga, token digital ini sangat menyita perhatian.

Highlight pertandingan bola basket di AS, misalnya, dibuatkan NFT yang dinamai Moments oleh NBA Top Shot; sebuah perusahaan yang dibentuk melalui kerjasama National Basketball Association, NBA Players Association, dan Dapper Labs (bbc.com, 19 Maret 2021).

Jesse Schwarz, pendiri Front Page, mencetak rekor Top Shot ketika dia menghabiskan USD 208.000 untuk momen dunk LeBron James. Dia mengatakan bahwa fakta orang dapat melihat atau menyalin NFT-nya sama sekali tidak mengganggu karena, yang terpenting, dia senang melakukannya.

NBA Top Shot bukan satu-satunya perusahaan yang memanfaatkan NFT olahraga. Perusahaan Sorare di Perancis mendigitalkan kartu sepak bola dan bermitra dengan lebih dari 125 klub termasuk Liverpool, Paris Saint-Germain, dan Bayern Munich. Anda bisa membeli kartu Cristiano Ronaldo, misalnya, yang baru-baru ini terjual dengan harga lebih dari USD 99.000 atau kartu-kartu lain yang jauh lebih murah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x