Mohon tunggu...
Wahyuni Susilowati
Wahyuni Susilowati Mohon Tunggu... Penulis, Jurnalis Independen

pengembaraan raga, penjelajahan jiwa, perjuangan menggali makna melalui rangkaian kata .... https://web.facebook.com/wahyuni.susilowati

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Bugar Simpel di Rumah Saja

10 Maret 2021   11:51 Diperbarui: 10 Maret 2021   12:36 48 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bugar Simpel di Rumah Saja
Jalan santai riang gembira bersama Leslie Sansone (depan) di rumah saja - sumber: walkathome.com

Cukup jalan di tempat sekitar 10-20 menitan dengan ritme sesuai kemampuan tubuh masing-masing dan anda akan mendapati tubuh terasa lebih segar berenergi ditambah kegembiraan tersendiri karena berhasil memotivasi diri melakukan latihan fisik. Rutinkan itu sebanyak dua-tiga kali seminggu dengan panduan video olah kebugaran serial Walk at Home yang bisa anda unduh gratis di YouTube.

Ada banyak pilihan video dan instruktur kebugaran tersedia di saluran itu; namun bagi anda yang nyaman dengan gerakan-gerakan ringan sederhana efektif plus suasana riang gembira, serial video latihan yang digawangi oleh Leslie Sansone tersebut sangatlah direkomendasikan. Apalagi suara dan gestur instrukturnya  enak untuk diikuti.

Situs oprah.com per Januari 2021 menempatkan Walk at Home pada posisi keempat dalam jajaran The 25 Best Channels of Workout of 2021. Situs yang merupakan versi digital dari majalah 'O', milik ikon pemandu acara bincang-bincang televisi Oprah Winfrey, tersebut juga mewanti-wanti agar tidak terkecoh dengan gaya video YouTube-nya yang tampak jadul. Saluran olahraga yang sangat populer ini memiliki hampir 3 juta pelanggan dengan program jalan kaki kebugaran yang mudah diikuti oleh kalangan pemula dan lansia.

Leslie Sansone yang lahir pada 14 Februari 1961 di New Castle (Pennsylvania) itu mulai mengajar kelas kebugaran selama tahun 1980-an di ruang bawah tanah sebuah gereja Pennsylvania (livestrong.com/357701). Dia segera menyadari bahwa tidak semua orang siap menghadapi tantangan aerobik yang beritme cepat. Hal tersebut mendorongnya untuk mengembangkan program jalan kaki yang bisa menarik lebih banyak orang. Kelas-kelasnya sukses, orang-orang memenuhi ruang bawah tanah gereja untuk berolahraga bersama.

Kelas aerobik Leslie bertumpu pada berjalan kaki dengan melibatkan lebih banyak otot ketimbang jalan biasa sehari-hari (washingtonpost.com, 1 September 2009). Dia menambahkan gerakan  langkah menyamping kiri-kanan, mengangkat lutut, menendang, dan mengaktifkan tubuh bagian atas.

"Saat Anda mengangkat lengan ke atas, bagian inti tubuh (core) anda secara alami akan 'terbakar' untuk berusaha menjaga keseimbangan." Papar Leslie.

Filosofi Leslie, sebagaimana dirilis livestrong.com,  berpusat pada gagasan bahwa gerakan yang paling sederhana pun dapat berdampak besar pada tingkat kebugaran seseorang. Dia percaya jalan kaki adalah olahraga seumur hidup dan hampir semua orang bisa berpartisipasi. Namun, kebugaran bukanlah satu-satunya tujuan Leslie. Ia juga mengajarkan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi stres dan memperbaharui semangat. Dia juga melihatnya sebagai kesempatan untuk mengajari anak-anak tentang manfaat gaya hidup aktif.

Leslie yang dari pernikahannya dengan Joseph Bullano dikaruniai tiga anak ini juga aktif melakukan kaderisasi instruktur bagi program Walk at Home, menulis sejumlah buku tentang kebugaran, dan tentu saja tetap rutin berjalan kaki. Bila variasi gerakan yang ditayangkan videonya berat untuk diikuti, maka lanjutkan saja dengan jalan kaki.

Ada banyak manfaat jalan kaki di antaranya, sebagaimana dirilis arthritis.org; meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, menopang kekuatan jaringan tulang, panjang umur, menghadirkan rasa nyaman, menurunkan berat badan, memperkuat otot, menopang fungsi persendian, membantu proses pernapasan, dan menurunkan resiko terkena Alzheimer.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x