Mohon tunggu...
Wahyuni Susilowati
Wahyuni Susilowati Mohon Tunggu... Penulis, Jurnalis Independen

pengembaraan raga, penjelajahan jiwa, perjuangan menggali makna melalui rangkaian kata .... https://web.facebook.com/wahyuni.susilowati

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Paket Lebaran Express Disekap Kantor Pos PDC Tambun? Atau Kantor Antaran Cikarang ?

25 Mei 2020   12:25 Diperbarui: 26 Mei 2020   13:19 401 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Paket Lebaran Express Disekap Kantor Pos PDC Tambun? Atau Kantor Antaran Cikarang ?
Entah kenapa PDC Tambun begitu lamban menangani pengiriman paket (doc. Wahyuni, Rank Logos/ed.Wahyuni)

Acungan jempol layak diberikan pada Kantor Pos Bandung, Kantor Pos Yogyakarta, dan Kantor Pos Sawangan Magelang karena berkat kinerja mereka yang ciamik, satu paket Pos Express tujuan Yogya yang saya kirim dari Bandung bisa sampai ke penerimanya satu hari setelah diposkan klop dengan jargon 'Pos Express-The Next Day'dan dua paket 'Kilat Khusus' untuk tujuan kawasan lereng Gunung Merbabu (Magelang) pun selamat sampai ke penerimanya dalam tempo tiga hari.

Sayang sekali, paket Pos Express yang dikirim bersamaan dengan tujuan Cikarang ternyata tidak seberuntung mereka. Jelang tulisan ini diturunkan tadi pagi, pelacakan di situs 'trafficking package' Pos Indonesia masih tercantum '2020-05-18 22:14:59 Diteruskan ke Kantor Antaran CIKARANG'

Status itu berarti bahwa paket telah dikirimkan oleh Kantor Pos Bandung dan tiba di kantor pos distributor regional area Bekasi pada 18 Mei 2020 pukul 22.15 wib untuk DITERUSKAN pada Kantor Antaran Cikarang ke alamat penerima. Nyatanya sampai pagi ini status paket tersebut masih status quo alias tak maju kemana-mana.

Sebelumnya, setelah dua hari paska pengeposan paket tak kunjung bergerak, saya pun berinisiatif melakukan pelacakan dengan memanfaatkan akun-akun resmi Pos Indonesia seperti fitur Vida dengan ikon wanita cantik mengenakan kemeja oranye plus wireless mic di situs resminya dan akun Line Official Pos Indonesia yang semuanya no response.

Saya pun beralih pada sumber-sumber internal Pos Indonesia, yang seluruhnya terpercaya dan saya memutuskan untuk merahasiakan identitas mereka karena tulisan ini bertujuan membahas kinerja instansi bukan personal. Sumber pertama menyarankan saya menelpon hotline customer service 161 yang ternyata baru bisa melayani pada Senin (25/5).

Lalu dia memberikan data petugas yang bisa saya tanyai terkait kasus ini dan saya pun terhubung via Whatsapp pada Rabu (20/5) dengan petugas berwenang di Kantor Pos Cikarang yang dengan sangat baik bersedia melakukan pelacakan dimana gerangan posisi paket saya sebenarnya.

Hasilnya adalah paket tersebut ternyata sudah berhari-hari mengeram di POSLOG Distribution Centre (PDC) TAMBUN yang setelah saya telusuri dengan Google ternyata kasus mengendapnya paket di kantor tersebut juga dialami oleh pengguna jasa lainnya, beberapa keluhan tertulis mereka seputar paket tak kunjung sampai setelah dihantar ke PDC TAMBUN saya kutip di bawah ini :

'Kpn paket ku jalan dari tambun. Udah 3 hari' (Munasir Munasir, 3 minggu lalu).

'pelayanannya buruk. paketan saya ga dianter2 kermh sudah hampir seminggu padahal statusnya sudah dikota tujuan ...' (Ade Sarah, 1 minggu lalu).

'Haloo ini kenapa paket saya belum diantar sudah seminggu padahal sudah dikota tujuan dan jarak dri kantor hnya 6km, tapi ga dianter-anter... mohon untuk kerjasamanya karna paket sangat ditunggu' (REP*minions, 3 hari lalu).

Sebenarnya masih ada keluhan serupa dari tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, sebenarnya ada kemungkinan juga kalau banyak pelanggan yang mengalami nasib serupa namun tak menuliskannya di jejaring online ...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN