Mohon tunggu...
Wahyuni Susilowati
Wahyuni Susilowati Mohon Tunggu... Penulis, Jurnalis Independen

pengembaraan raga, penjelajahan jiwa, perjuangan menggali makna melalui rangkaian kata .... https://web.facebook.com/wahyuni.susilowati

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Sepuluh Langkah Agar Komputer Kantor Panjang Umur

31 Oktober 2019   09:32 Diperbarui: 31 Oktober 2019   09:38 0 2 1 Mohon Tunggu...
Sepuluh Langkah Agar Komputer Kantor Panjang Umur
Perawatan dasar yang teratur akan membuat komputer kantor tahan lama (doc.Indiamart/ed.Wahyuni)

Banyak pemilik usaha yang ngotot mempertahankan komputer jadul di kantor dengan prinsip 'selama tidak rusak, lanjut terus (pemakaiannya)' karena terbentur anggaran super ketat. Bagi para pengusaha yang berada dalam situasi seperti tersebut di atas, sangat penting untuk melakukan berbagai cara agar semua gawai kantor bisa bekerja baik dalam waktu selama mungkin. Berikut ini berbagai tips dari para profesional terkait pemeliharaan komputer yang dilansir oleh Forbes (25/10).

1.Pastikan komputer selalu dingin

Jika komputer kelewat panas akibat pemakaian ekstra lama, maka itu bisa mempersingkat masa pakainya. Jadi pastikan komputer tetap dingin. Jangan letakkan apapun di depan kipas PC, jaga kipas tetap bersih dan letakkan komputer di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung. Anda yang bekerja dengan laptop bisa menggunakan dudukan pendingin agar gawai tersebut tidak terlalu cepat panas.

2. Bersihkan perangkat lunak 

Pemeliharaan perangkat keras dan lingkungan eksternal adalah penting, tetapi mengetahui apa yang dijalankan prangkat lunak komputer pun tak kalah pentingnya. Perangkat lunak dan  tool lama bisa saja masih bekerja di disk, mungkin peninggalan karyawan lama yang belum sempat dihapus saat gawai berpindah operator, yang berpotensi menghambat dan proses mungkin berjalan di latar belakang. Program pembersihan internal berkala sebaiknya ditambahkan agar program lama yang sudah tak dibutuhkan lagi dapat dihapus.

3. Pindahkan data ke Cloud

Bagi banyak pekerja kantor, memutakhirkan komputer untuk meningkatkan pemrosesan, memori, dan penyimpanan tidak diperlukan karena email, produktivitas kantor, dan penyimpanan file telah pindah ke cloud. Ketika mengganti SSD untuk memperpanjang masa pakai perangkat keras, pertimbangkan drive yang menggunakan tool CloudReady untuk mengonversi laptop lama ke Chromebook agar bisa memanfaatkan fitur cloud modern.

4. Alokasikan aset teknologi dengan benar

Umur komputer ditentukan oleh perangkat keras dan tujuan penggunaannya. Banyak instansi tidak menempatkan mesin yang tepat di posisi operator yang tepat. Misalnya beberapa kantor memiliki perangkat keras tingkat server untuk sekretaris mereka yang sebenarnya hanya membutuhkan penelusuran web dan Office dasar. Memastikan aset teknologi dialokasikan dengan benar dapat mengurangi banyak gejala penuaan infrastruktur dan mesin yang keduanya berpotensi membuat jam kerja jadi lebih panjang.

5. Gunakan OS Linux untuk mengakses Windows 10

Konversikan PC dengan OS berbasis Linux yang memungkinkan komputer lama mengakses aplikasi Windows yang dihosting di pusat data atau cloud. Ini memungkinkan sistem yang mungkin tidak dilengkapi untuk menjalankan Windows 10 untuk menggunakan fitur-fiturnya cukup dengan 10% dari biaya pembelian komputer baru dengan spesifikasi sejenis. Sangat hemat, bukan? Selain itu konversi tersebut juga mendukung manajemen terpusat dan peningkatan keamanan, bahkan jika pengguna bekerja dari jarak jauh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x