Mohon tunggu...
Sabrina Syafa Kamila
Sabrina Syafa Kamila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro

All is well

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi seputar Hoax Covid-19 dan Cara Menangkalnya

2 Agustus 2021   10:09 Diperbarui: 3 Agustus 2021   15:48 72 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi seputar Hoax Covid-19 dan Cara Menangkalnya
Edukasi fakta vs mitos Covid-19 yang dilakukan di salah satu rumah warga

Pringsewu (21/7) - Meroketnya jumlah positif Covid-19 di Indonesia diperparah dengan banyaknya hoax Covid-19 yang beredar dan tidak jarang dipercayai oleh masyarakat. Hoax Covid-19 terkadang lebih bahaya daripada virus itu sendiri. Pasalnya kini hoax telah berhasil menelan korban jiwa.

Seperti yang dialami oleh seorang pengguna Twitter, Helmi Indra, yang kehilangan ayahnya akibat percaya dengan Hoax Covid-19. Kabar ini dibagikan pada 15 Juli 2021 lalu, "Setelah pertarungan beberapa hari, Papa kalah perang melawan Covid-19. Apa yang menyebabkan Papa kalah? Hoax berperan besar dalam hal ini, di luar komorbid" tulis Helmi Indra melalui akun Twitter miliknya.

Melihat banyaknya fenomena masyarakat percaya hoax, mahasiswa KKN Undip tergerak untuk memberikan edukasi seputar hoax Covid-19 dan cara menangkalnya kepada masyarakat di sekitarnya. Hal ini dilakukan pada Selasa, 21 Juli 2021 khususnya bagi warga RT 01 RW 01 Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu karena termasuk sebagai salah satu daerah zona merah di Provinsi Lampung.

Edukasi ini dilakukan mahasiswa KKN Undip dengan membagikan leaflet serta pandemic kit (masker dan vitamin C) ke 10 rumah, termasuk tukang ojek, supir angkot, dan pedagang kaki lima yang ia temui di jalan saat tidak mengenakan masker.

Dalam kegiatannya, mahasiswa KKN Undip mengajak masyarakat untuk #SaringSebelumSharing semua informasi Covid-19 yang didapatkan melalui media sosial. Selain itu, masyarakat juga diberikan beberapa kiat agar terhindar dari hoax, salah satunya dengan mencantumkan kumpulan mitos dan fakta di dalam leaflet yang dibagikan.

Leaflet yang dibagikan kepada warga
Leaflet yang dibagikan kepada warga

Mahasiswa KKN Undip juga turut mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas), mempraktikan cara mencuci tangan dan mengenakan masker yang benar.

Salah satu peserta edukasi tersebut menuturkan bahwa ia sangat senang mendapatkan edukasi seputar hoax Covid-19 di tengah kondisi hoax yang banyak tersebar di masyarakat, "Alhamdulillah ya, saya sangat senang dan berterima kasih bisa mendapatkan edukasi yang seperti ini, apalagi sekarang kondisi di luar semakin mengerikan, kita butuh informasi yang pasti, yang terpercaya, bukan sekadar informasi bohong, hoax" ujar Abdul Ghani (60), warga RT 01 RW 01 Pekon Wonodadi, saat ditemui di rumahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x