Mohon tunggu...
Sabrina Fiddini Achmad
Sabrina Fiddini Achmad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga

Halo perkenalkan, nama saya Sabrina, saat ini saya sedang menempuh pendidikan formal tingkat perguruan tinggi di Universitas Airlangga dengan prodi Ilmu Hukum

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Gang Semakin Sempit akibat Kendaraan yang Tidak Diparkir di Tempat Semestinya

2 Juli 2022   22:59 Diperbarui: 2 Juli 2022   23:01 100 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Surabaya. Sumber ilustrasi: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pada saat memasuki kota Surabaya, tak heran jika Anda menemukan fenomena kendaraan roda empat yang memarkirkan kendaraannya bukan di garasi, melainkan di jalanan umum sekitar rumah dan biasanya dapat di temukan di dalam gang. Hal ini mengakibatkan jalanan umum yang seharusnya dapat dilewati dua mobil menjadi sempit. Untuk itu, perlu adanya solusi terkait dengan hal tersebut.

Jika di dalam suatu kelurahan terdapat banyak warga yang garasinya tidak memungkinkan untuk diparkirkan kendaraan roda empat, maka dapat di sediakan basemant untuk memarkir dan menitipkan kendaraannya bagi pemilik kendaraan roda empat yang tidak memiliki garasi, hal itu akan menjadi lebih efektif dan juga dapat mengurangi permasalahan gang sempit akibat kendaraan roda empat yang parkir di jalanan umum. Terkait dengan pendirian, perizinan serta pendanaan pembangunan basemant, ketua RW dapat berkoordinasi dengan pihak desa. Hal ini disebabkan jika tanah yang akan digunakan menggunakan aset desa, maka hal itu akan tunduk dengan UU Desa tersebut.

Setelah saya melakukan wawancara dengan beberapa warga Surabaya, mereka setuju dengan adanya solusi ini. Dan juga di rasa cukup membantu, terutama dengan warga yang memiliki kendaraan roda empat akan tetapi, tidak memiliki garasi yang cukup, akibatnya, kendaraan roda empatnya di parkirkan di sekitaran rumah. Namun, jika ada basemant seperti ini mereka tidak lagi khawatir dan takut kendaraannya terkena hujan maupun panas. 

Dengan adanya basemant tersebut dapat memudahkan pengguna jalan umum yang akan melintasi jalan tersebut. Selain itu, terkait dengan keamanan basemant, warga sekitar dapat menggunakan jasa security untuk menjaga basemant agar tetap aman dan terkendali.

Jika memang solusi ini dapat di terapkan di Surabaya, saya berharap beberapa kota lain yang mengalami permasalahan yang sama dapat menggunakan solusi ini sebagai pemecahan masalah tersebut. Memang hal ini terkesan simple, namun sangat krusial, mengingat jika suatu permasalahan kecil tidak segera terpecahkan, maka hal itu juga akan menjadi permasalahan yang lebih besar dan menimbulkan dampak buruk untuk warga di sekitarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan