Mohon tunggu...
Sabilla KharennaHaya
Sabilla KharennaHaya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Pendidikan Biologi

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Jarak Jauh Masih Diterapkan. Lantas Bagaimana Peran Guru, Orang Tua, Serta Siswa Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

1 Agustus 2021   12:30 Diperbarui: 1 Agustus 2021   13:01 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendampingan Pembelajaran Daring Siswa SMAN 3 Kota Tangerang Selatan

Dampak yang ditimbulkan dari Pandemi Covid-19 melanda seluruh negara bahkan mengubah berbagai aspek kehidupan. Aspek kehidupan yang terkena dampak pandemi Covid-19 yaitu di bidang pendidikan dan ekonomi. Upaya mengurangi angka penyebaran Covid-19 agar kegiatan pendidikan dapat berjalan seperti biasanya maka pemerintah melakukan kebijakan dalam sistem pendidikan dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020. Sistem pembelajaran tersebut dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, melainkan dilakukan dengan sistem PJJ (pembelajaran jarak jauh). Kebijakan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring merupakan adaptasi kebiasaan baru di bidang Pendidikan dalam masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah masing-masing, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Tentu dengan adanya hal tersebut masyarakat perlu berkontribusi dalam pencegahan dan memulihkan dampak dari pandemi Covid-19 khususnya terkait dengan bidang Pendidikan. Salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam menanggulangi dampak yang ditumbulkan oleh Covid-19 yaitu melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa. Maka dengan hal tersebut Mahasiswa KKN Tematik UPI ditugaskan untuk terjun secara langsung untuk memberikan edukasi dan menaggulangi serta mencegah dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19 di Bidang Pendidikan.

Menyampaikkan surat pengantar serta berdiskusi tentang sosialisasi  dan perizinan kegiatan program KKN Tematik  di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan
Menyampaikkan surat pengantar serta berdiskusi tentang sosialisasi  dan perizinan kegiatan program KKN Tematik  di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan

Selanjutnya Mahasiswa KKN Tematik UPI mulai melakukan sosialisasi program KKN dengan pihak sekolah yakni SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Setelah melakukan sosialisasi dan mendapatkan perizinan dari pihak sekolah. Maka kegitan yang dilaksanakan dalam sebulan pelaksanakan KKN meliputi penguatan pembelajaran, pendampingan pembelajaran siswa, pendampingan orang tua, mendesain pembelajaran, serta membuat video atau konten edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan.

Pendampingan Pembelajaran Daring siswa untuk mata pelajaran Biologi  SMAN 3 Kota Tangerang Selatan
Pendampingan Pembelajaran Daring siswa untuk mata pelajaran Biologi  SMAN 3 Kota Tangerang Selatan

Mahasiswa KKN Tematik UPI juga melakukan kegiatan dan koordinasi dengan guru yang akan didampingi dalam tugasnya baik sebelum mata pelajaran dilaksanakan dan saat pembelajaran berlangsung. Sampai saat ini sekolah SMAN 3 Kota Tangerang Selatan masih menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh sebagai dampak penganggulangan pandemi di Bidang Pendidikan. Berbagai media pada akhirnya digunakan oleh guru pendamping untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh. Media pembelajaran tersebut diantaranya aplikasi seperti aplikasi google meet, google classroom, youtube, maupun media sosial whatsapp dan lainnya.

Pendampingan Pembelajaran Daring Siswa dan Orang Tua Siswa  XI IPA 1SMAN 3 KOTA TANGSEL 
Pendampingan Pembelajaran Daring Siswa dan Orang Tua Siswa  XI IPA 1SMAN 3 KOTA TANGSEL 

Sebagai upaya dari bagian tugas mahasiswa KKN Tematik juga melakukan pendampingan pembelajaran siswa secara daring. Tidak hanya itu mahasiswa juga ikut dalam melakukan pendampingan terhadap orang tua siswa yang merasa kesulitan untuk memantau dan mendampingi anaknya saat kegiatan pembelajaran. Banyaknya orang tua  siswa khususnya di kelas XI IPA 1 SMAN 3 Kota Tangerang Selatan mengatakan bahwa tidak lagi atau jarang melakukan pendampingan pembelajaran secara daring. Maka dari itu segenap usaha dilakukan mahasiswa KKN Tematik UPI untuk membantu orang tua siswa dalam hal tersebut terhadap pendampingan siswa.  

Wawancara dengan Guru Pendamping Terkait Pembelajaran di Masa Pandemi
Wawancara dengan Guru Pendamping Terkait Pembelajaran di Masa Pandemi

Menurut Bu Shanty Chairani selaku wali kelas XI IPA 1 dan salah satu guru mata pelajaran Biologi dalam wawancaranya mengatakan bahwa sistem pembelajaran jarak jauh dilaksanakan oleh peserta didik dan tenaga pendidik dengan melakukan kegiatan di rumah. Dengan adanya metode tersebut bu shanty berharap adanya kerja sama antara pendidik dan orang tua untuk melakukan monitoring anak-anaknya. Bu shanty juga mengatakan bahwa banyak yang harus dipelajari dari awal pandemi hingga saat ini untuk melaksakan Pembelajaran jarak jauh yang menuntut kreativitas baik dari tenaga pendidik maupun peserta didik. Seluruh usaha guru sebagai pendidik untuk membuat materi pembelajaran, penugasan  yang menarik telah dilakukan demi kelancaran pembelajaran. Akan tetapi, dengan sistem pembelajaran jarak jauh tidak menutup kemungkinan akan timbulnya beberapa masalah-masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Seperti pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, peserta didik maupun tenaga pendidik diharuskan memiliki akses jaringan internet yang baik. Tidak hanya itu semua media yang digunakan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju sehingga baik tenaga pendidik maupun siswa harus mengambil sikap akan perubahan tersebut untuk terus maju kedepan. Terakhir Bu Shanty juga berpesan kepada siswa dan siswi SMAN 3 Kota Tangerang Selatan walaupun pembelajaran dilakukan secara daring. Semoga siswa dan siswi dapat lebih kompak lagi, disiplin, dan dapat memahami betul pembelajaran dengan serius baik saat mengerjakan tugasnya maupun ketika ulangan dilaksanakan.

Video Edukasi Tentang Dampak Penangulangan Pandemi Covid-19 di Bidang Pendidikan Untuk semua kalangan
Video Edukasi Tentang Dampak Penangulangan Pandemi Covid-19 di Bidang Pendidikan Untuk semua kalangan

Dengan kegiatan yang hampir sebulan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UPI. Dapat ditarik kesimpulan bahwa masih perlunya dukungan dari berbagai kalangan masyarakat baik orang tua, siswa maupun tenaga pendidik untuk mensukseskan pembelajaran di masa pandemi yang terbatas secara tatap muka tetapi bisa luar biasa dalam pemanfaatan teknologi. Oleh karena itu dalam program mahasiswa KKN Tematik UPI juga membuat konten edukasi yang dapat bermanfaat bagi semua kalangan dan berharap dunia pendidikan bisa lebih berkembang lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun