Mohon tunggu...
Sabila Hayuningtyas
Sabila Hayuningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030109

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030109

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Inilah Alasan Mengapa Overthinking Sering Muncul di Malam Hari

20 Maret 2021   20:08 Diperbarui: 21 Maret 2021   00:54 472 24 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Alasan Mengapa Overthinking Sering Muncul di Malam Hari
imgflip.com

Pernah gak, sih, kalian mengalami kesulitan tidur karena banyak hal-hal yang membuat kalian terus berpikir? Entah itu soal percintaan, pertemanan, keluarga, pekerjaan, perkuliahan, dan bahkan hal-hal yang bisa dibilang sepele. 

Dan anehnya lagi, kenapa, ya dari sekian banyak waktu dalam sehari, pertanyaan-pertanyaan random itu seringkali hadir di malam hari hingga akhirnya harus mengganggu jam tidur. Ya, anak muda zaman sekarang biasa menyebut kondisi ini dengan istilah overthinking.

Apa, sih, yang dimaksud dengan overthinking?

Overthinking adalah suatu istilah yang menggambarkan kondisi di mana otak kita terus bekerja untuk memikirkan suatu hal secara berlebihan. Biasanya hal ini timbul akibat adanya keresahan, kecemasan, ataupun kekhawatiran akan suatu masalah.

Kata overthinking memang banyak digunakan oleh anak muda zaman sekarang bahkan, hampir setiap malam kita pasti menemukan di linimasa cuitan tentang overthinking. Saking seringnya kita mendengar istilah ini, kita sampai menganggap overthinking adalah suatu hal yang sepele dan lumrah, karena hampir setiap orang mengaku pernah mengalaminya, padahal tanpa kita sadari aktivitas berpikir secara berlebihan ini cukup berdampak bagi kesehatan fisik maupun mental.

Mengapa?

Karena ketika kita terus berpikir otak kita jadi kurang beristirahat dan ini dapat memicu terjadinya stress. Dan tahukah kalian bahwa ketika kita stress lapisan usus akan melemah sehingga hal ini membuat pencernaan kita terganggu. Belum lagi, fisik kita yang belum tentu kuat untuk terjaga di malam hari. 

Pasalnya kita semua tahu bahwa malam hari adalah waktu yang sebaiknya digunakan untuk mengistirahatkan tubuh, namun bukannya mengunakan untuk tidur atau mengistirahatkan tubuh kita malah memikirkan hal-hal yang random dan terkadang tidak penting. Dan tanpa disadari pula, tiba-tiba saja waktu sudah hampir menuju pagi. 

Ya, kita telah menghabiskan malam dengan banyak berpikir hingga membuat kita menjadi kesulitan untuk bangun di pagi hari. Sementara  segala aktivitas yang semestinya  dilakukan malah menjadi terbengkalai karena kita dalam keadaaan mengantuk, akibatnya kita mengerjakannya sesuatu di pagi hari pun menjadi kurang maksimal dan tidak fokus.

Wah, tidak disangka, bukan? Suatu hal yang terdengar sepele rupanya dapat menimbulkan dampak yang cukup merugikan.

Ya, meski begitu entah mengapa banyak dari kita yang masih membiarkan overthinking terus terjadi di malam hari, seolah overthinking sudah menjadi ritual wajib sebelum tidur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x