Mohon tunggu...
Sabella Indah
Sabella Indah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa PGSD Unisnu Jepara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Tips Membuat Pembelajaran Daring Efektif dan Menyenangkan

4 Mei 2021   11:00 Diperbarui: 4 Mei 2021   11:01 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini hampir semua negara sedang berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak perubahan pada tatanan kehidupan, termasuk pendidikan. Sistem pendidikan yang semula pembelajaran tatap muka berganti dengan pembelajaran tatap maya atau pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring menjadi pilihan dalam situasi pandemi Covid-19 yang melanda hampir semua negara di dunia. Merancang pembelajaran daring secara matang adalah kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. 

Untuk itulah perlu dilakukan kegiatan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan agar meraih keberhasilan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang efektif adalah apabila hasil belajar yang diperoleh siswa maksimal. Pembelajaran menyenangkan adalah pembelajaran yang membuat siswa nyaman, aman, dan tenang hatinya tidak ada ketakutan (dicemooh, dilecehkan) dalam mengaktualisasikan kemampuan dirinya.

Pembelajaran daring juga membuat peserta didik bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips membuat pembelajaran daring semakin efektif dan menyenangkan untuk seorang guru Sekolah Dasar yang perlu dicoba:

1. Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak

Guru mengajar serba online selama pandemi, baik daring maupun luring. Semua membutuhkan ketelitian, persiapan, dan tentu saja kesabaran. Guru sebelum mengajar di kelas harus menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik, teliti dan juga harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak pada saat pembelajaran daring dengan tepat.

2. Pilihlah aplikasi yang mudah untuk diakses di manapun dan kapanpun

Guru harus memikirkan aplikasi apa yang akan digunakan agar memudahkannya ketika mengajar peserta didiknya. Guru harus memilih aplikasi apa yang tepat yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Misalkan ada salah satu peserta didik yang di daerahnya susah mengakses salah satu dari aplikasi maka guru harus mengganti aplikasi lain yang mudah untuk diakses di daerah peserta didiknya tersebut.

3. Sapalah anak dengan yel-yel. Guna menumbuhkan semangat siswa untuk memulai dan mengikuti pembelajaran secara virtual

Siswa tetaplah anak-anak yang butuh perhatian, bimbingan, dan juga memberikan semangat. Terlebih belajar di masa pandemi seperti ini yang pembelajaran dilakukan secara daring. Mereka harus dibangkitkan semangatnya. Salah satu cara membangkitkan semangatnya yaitu berikan yel-yel saat pembelajaran belum dimulai atau pada saat ditengah-tengah pembelajaran agar dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik tetap semangat. Keberhasilan guru dalam memberikan semangat siswa akan berdampak positif bagi belajar daring.

4. Lakukan apersepsi. Seperti tebak-tebakan atau pengalaman siswa guna menumbuhkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan mereka mengenai materi yang akan dipelajari

Apersepi sangat penting dilakukan di awal pembelajaran. Apersepsi dilakukan agar peserta didik memiliki ketertarikan dalam materi yang akan dipelajari. Apersepsi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk mengikuti pelajaran berikutnya, sehingga guru lebih mudah memberikan materi kepada peserta didik.

5. Menggunakan media pembelajaran

Guru sebaiknya membuat media pembelajaran agar menarik dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan. Dengan adanya media pembelajaran membuat peserta didik semangat dalam mengikuti pembelajaran. Banyak media pembelajaran yang bisa dibuat dengan murah dan ditemukan di sekitar rumah, seperti menggunakan kardus bekas, kalender bekas, kaleng, botol minuman, batu, daun, dan biji-bijian.

6. Intermezzo, selingan, dan permainan yang berkaitan dengan pelajaran untuk membangkitkan semangat siswa disaat mereka sudah bosan

Guru perlu memberikan games, kuis, atau ice breaking agar peserta didik tidak merasa bosan dalam belajar. Dengan kegiatan tersebut peserta didik akan merasa senang dan tidak bosan dalam belajar serta peserta didik akan tetap aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Apabila pembelajaran hanya dilakukan dengan kegiatan guru menerangkan materi yang dipelajari hari itu, maka peserta didik akan merasa bosan jika tidak diselipkan kegiatan yang menyenangkan seperti games dan ice breaking.

7. Berikan penghargaan

Berikan penghargaan kepada peserta didik agar peserta didik tetap aktif dan senang dalam kegiatan belajar mengajar. Misalkan guru menguji peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan atau memberikan tepuk tangan kepada peserta didik yang aktif ataupun yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar.

Merancang pembelajaran daring yang menyenangkan itu tidak mudah. Oleh karena itu, beberapa tips diatas dapat dicoba agar pembelajaran daring semakin efektif dan menyenangkan. Muara dari pembelajaran efektif tersebut diharapkan dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan, terutama bagi siswa. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah menangkap pelajaran karena suasana dalam diri maupun di luar dirinya mendukung.

Sabella Indah Sari (340)

Tugas Mata Kuliah Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun