Mohon tunggu...
syarifuddin abdullah
syarifuddin abdullah Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat Seni dan Perjalanan

Ya Allah, anugerahilah kami kesehatan dan niat ikhlas untuk membagi kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Gempa Turki-Suriah 7,5 SR Menewaskan Lebih dari 2300 Orang

6 Februari 2023   23:52 Diperbarui: 7 Februari 2023   00:25 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: aljazeera.com (English)

Pada 6 Februari 2023, sekitar pukul 04.17 pagi local time, gempa berkekuatan 7,5 Skala Rechter (SR) mengguncang kota Kahramanmaras dan sekitarnya di selatan Turki, dekat perbatasan Suriah. Ketika artikel ini ditulis, jumlah korban tewas di Turki telah mencapai angka lebih dari 1300 (seribu tiga ratus) orang.

Tercatat sebanyak 10 (sepuluh) di selatan Turki yang terdampak langsung gempa: Adiyaman, Adana, Diyarbakir, Ekinozu, Hatay, Kahramanmaras, Kilis, Malatya, Osmaniye, Sanliurfa. Sekolah-sekolah di kota-kota tersebut telah diliburkan mulai 6 Februari 2023 sampai waktu yang akan ditentukan kemudian.

Sementara kota-kota di Suriah yang ikut terdampak antara lain Aleppo, Hama, Latakia, and Tartus. Sejauh ini, jumlah korban di Suriah tercatat lebih dari 800 (delapan ratus) orang.

Gabungan korban tewas di Turki dan Suriah, sejauh ini, telah menembus angka 2.300 (dua ribu tiga ratus) orang. Dan angka ini masih berpotensi terus bertambah.

Umumnya korban tewas karena tertimpa material bangunan. Sebagai catatan, sebagian besar pemukiman di wilayah Turki dan Suriah memang berupa gedung-gedung apartemen, dengan jumlah tingkat-lantai yang bervariasi.

Pusat dan kekuatan gempa

Pusat gempa terletak di antara dua kota Turki (Gaziantep-Kahramanmaras), awalnya diberitakan berkekuatan 7,4 SR, kemudian direvisi menjadi 7,5 SR. Sementara menurut data US Geological Survei, gempa terjadi pada 6 Februari 2023, pukul 04.17 local time (01.17 GMT atau 08.17 WIB), di kedalaman 17.9 km (11 mil), dekat Gaziantep, selatan Turki, dekat perbatasan dengan Suriah.

Biasanya setelah gempa besar akan disusul gempa-gempa susulan berkekuatan lebih kecil. Namun gempa Turki kali ini cukup unik. Setelah gempa besar di pagi hari, yang berkekuatan 7,8 magnitude tremor, selang sekitar sepuluh jam kemudian, terjadi lagi gempa susulan dengan kekuatan yang hampir sama pada pukul 13.24 Local Time (10.24 GMT atau 17.24 WIB), di kota Ekinozu, dengan magnitude tremor 7,7 (sebagian sumber menyebutkan magnitude 7,5).

Kondisinya seperti diungkap pepatah: sudah jatuh tertimpa tangga pula. Dengan kata lain, belum selesai upaya penyelamatan korban akibat gempa besar pertama pada pukul 04.17 LT, disusul lagi gempa susulan pada pukul 13.24 LT.

Menurut kantor berita Anadol Turki, gempa ini merupakan yang terburuk dalam rentang waktu 84 tahun di Turki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun