Mohon tunggu...
syarifuddin abdullah
syarifuddin abdullah Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat Seni dan Perjalanan

Ya Allah, anugerahilah kami kesehatan dan niat ikhlas untuk membagi kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Gol Sabiri dan Sujud Syukur di Piala Dunia Qatar

1 Desember 2022   16:45 Diperbarui: 1 Desember 2022   21:53 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Screen-shot pertandingan Maroko vs Belgia, Piala Dunia Qatar 2022 (Sumber: vidio.com)

Melalui tendangan bebas dari titik freekick dekat sudut (corner) sayap kanan tim Belgia, pemain tim Maroko, Sabiri yang bernomor punggung 11 dan notabene adalah pemain cadangan, dengan santai menendang bola langsung ke arah gawang Belgia, yang dikawal kiper Thibaut Courtois dalam pertandingan yang digelar pada 27 Nop 2022.

Bola meluncur melambung langsung menuju gawang dari sayap kanan, dengan sudut sekitar 5 derajat dari mulut gawang. Bola tampak seolah mengiris ruang udara di depan gawang Belgia, membuka jalan lalu menyelusup dan merobek gawang, tanpa bantuan sentuhan kaki dua pemain Maroko. Satu nol untuk Maroko.

Sementara kiper Belgia Thibaut Courtois hanya bisa berdiri dengan pandangan kosong, tampak seolah menyesali posisinya yang jelas tertipu oleh gerakan bola tendangan Sabiri. Bola tendangan Sabiri bahkan sudah melewati garis gawang sebelum Thibaut Courtois sempat bergerak.

Cantik nian. Bola Sabiri itu layak menjadi salah satu kandidat gol tercantik pada Piala Dunia Qatar 2022, bersama gol salto pemain Brasil Richalison dalam pertandingan Brasil versus Serbia, pada 25 Nop 2022.

Jarang-jarang terjadi bola tendangan bebas dari sayap kanan-atau-kiri (dekat titik korner), yang langsung gol. Dan itu menunjukkan kualitas intuisi Sabiri dalam mencari angel peluang gol, dan dia sukses mengeksekusinya secara cantik.

Lantas sesaat setelah gol manis Sabiri, kamera Piala Dunia menyorot beberapa pemain Maroko (termasuk Sabiri) melakukan gerakan sujud syukur di lapangan hijau.

Perlu ditegaskan, gerakan sujud (membungkuk lalu menempelkan jidat di tanah) bukan hanya monopoli penganut Islam. Paus pemimpin umat Katolik seringkali melakukan sujud setelah turun dari pesawat dan menginjakkan kaki di landasan pesawat setibanya di negara yang dikunjunginya.

Sujud adalah salah satu bentuk tanda syukur dan terima kasih untuk sesuatu yang dianggap atau diyakini sebagai pencapaian dan kesuksesan. Dan memang, gol Sabiri sungguh manis untuk disyukuri dengan sujud, oleh pemain-pemain Maroko.

Syarifuddin Abdullah | 01 Desember 2022/ 06 Jumadil-ula 1444H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun