Mohon tunggu...
Sabda Hartono
Sabda Hartono Mohon Tunggu... hobbyist elektronika

Founder www.catur-digital.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bulan Sabit Terakhir

12 Oktober 2015   18:01 Diperbarui: 13 Oktober 2015   04:08 308 1 1 Mohon Tunggu...

Perhatikan logo Partai Bulan Bintang (PBB) disana tergambar bulan sabit dan bintang. Lambang bulan bintang sering juga terdapat sebagai ornamen hiasan di kubah mesjid. Logo Partai bulan bintang itu benar-benar dapat terjadi dilangit yaitu ketika bintang yang paling terang sedunia; bintang kejora bertemu dengan bulan.

Pada tanggal 9 Oktober 2015 subuh saya bangun sekitar jam 5 pagi untuk menyaksikan peristiwa bertemunya"Bintang" Kejora dengan bulan sabit. Saya sempat mengambil gambarnya di Jalan Dalam Kaum, dekat mesjid Agung Bandung.

[caption caption="bulan bertemu venus"][/caption]

Foto itu saya ambil sekira jam 5.00 pagi tanggal 9 Oktober 2015. Anda bisa lihat sang Kejora? Coba amati titik cahaya sangat redup disebelah kiri atas bulan itulah bintang kejora itu! Seharusnya bintang kejora terlihat cemerlang banget, tapi subuh itu langit kota Bandung tertutup kabut, tak ada satu pun bintang yang terlihat dilangit kecuali bintang kejora, itupun tampak redup. Langit kota Bandung saat itu seakan-akan cuma ada dua benda: bulan dan kejora. Saking terangnya keduanya berhasil menembus kabut. Bintang-bintang lain cahayanya terlalu lemah, cahayanya tak mampu menembus kabut sehingga tak telihat.

Saya sebenarnya agak terlambat bangun, seharusnya saya menyaksikan antara jam 2:00 sampai jam 3:00 jadi bulan sudah bergeser menjauhi kejora.  Itulah kalau terlambat bangun, tapi gak apa-apa lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Oh. ya bintang Kejora atau bintang Fajar atau bintang Timur sebenarnya bukan bintang itu adalah planet Venus!

Kalau anda ingin melihat bulan sabit ketemu Venus(bintang kejora), silahkan catat tanggal pertemuan mereka yang akan datang

  • 8 November 2015 (25 Muharram 1437)
  • 8 Desember 2015 (25 Syafar 1437)

Jangan lupa bangun subuh untuk melihatnya, lihat ke arah timur tempat matahari terbit!

Venus dan Bulan terlihat sangat indah dilangit. Sayapun berbicara kepada mereka. Benarkah mereka bisa diajak bicara? Tentu saja tidak. Saya ketularan anak-anak fiksi kompasiana, mbak Desol dan kawan-kawan. Mereka sering berbicara kepada bintang, bulan bahkan angin.

+ Hai bulan kau tampak cantik sekali, bagai bibir tersenyum.
Kau tampak tersenyum padaku ingin menggatakan sesuatu padaku
Apa yang ingin kau ucapkan? katakanlah!

-Aku bersama Venus ini ingin mengucapkan selamat tahun baru padamu!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x