Mohon tunggu...
Sabarningsih
Sabarningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menonton, kesukaan jalan-jalan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Pembelajaran Membuat X Benner

2 Oktober 2022   23:42 Diperbarui: 2 Oktober 2022   23:43 147 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Latar belakang masalah pembelajaran ini adalah:

  • Kemampuan siswa dalam menggunakan/mengoperasikan komputer (corel draw) masih kurang
  • Guru hanya menjelaskan sedikit dari nama-nama tool dan kegunaannya

Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena:

Praktik pembelajaran ini dapat memotivasi guru untuk membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Praktik pembelajaran ini dapat menjadi referensi dan inspirasi rekan sejawat untuk mengatasi permasalahan yang sama atau mungkin sejenis.

Peran dan tanggung jawab guru dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang bertanggung jawab membuat pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan model, metode, dan media pembelajaran yang kreatif serta inovatif. Dengan demikian tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Tantangan untuk mencapai tujuan, yakni:

  • Kurangnya pembelajaran tentang IT dikelas X
  • Kurangnya keaktifan siswa didalam kelas
  • Sebagian besar siswa tidak memiliki laptop untuk belajar mandiri
  • Kurangnya pembelajaran IT khususnya tool-tool corel draw
  • Banyaknya tool yang harus dipelajari siswa
  • Guru hanya menjelaskan sedikit dari nama-nama tool dan kegunaannya.
  • Guru lebih fokus ke hasil karya siswa
  • Komputer yang ada di lab tidak mencukupi dari rasio jumlah siswa
  • Sebagian besar siswa (90%) tidak memiliki laptop
  • Yang terlibat untuk mencapai tujuan:

    • Kepala sekolah
    • Waka sarpras
    • Ketua jurusan DKV
    • Guru Jurusan DKV

Langkah-langkah yang dilakukan adalah:

  • Menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan instrument penilaian.
  • Menentukan penggunaan metode PjBL untuk melaksanakan pembelajaran membuat X banner dilarang merokok
  • Mencari video tutorial yang sesuai dengan tema membuat x banner dengan tema dilarang merokok
  • Berkoordinasi dengan waka kurikulum, waka sarpras, ketua jurusan dan guru yang mengajar di kelas/lab/bengkel yang dekat dengan lab DKV
  • Mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran, yakni: Kelas, proyektor, laptop, dan pc.

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan adalah meningkatnya keaktifan  pembelajaran peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari:

Penggunaan video tutorial, LKPD

dan prosedur dalam berkarya sehingga meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membuat karya X banner dengan tema dilarang merokok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan