Mohon tunggu...
Saadatul Istiqlaliyah S.Pd
Saadatul Istiqlaliyah S.Pd Mohon Tunggu... Selalu belajar

Doa,usaha,tawakkal

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Membuat APE (Alat Permainan Edukatif)

24 November 2020   07:55 Diperbarui: 24 November 2020   09:34 58 3 0 Mohon Tunggu...

Membuat APE dengan Sedotan membuat sumpit dari sedotan

( mengembangkan kemampuan motorik anak dan sikap sabar /sosem)

Dimasa pandemi covid -19 seperti ini, ruang gerak kita pun dibatasi. Begitu pun proses belajar mengajar. Guru harus putar otak, mencari ide untuk membuat kegiatan pembelajaran yang mudah dan menarik bagi siswa. Selain menarik dan mudah, hal yang tidak kalah penting adalah murah. 

Ya,,,,,murah disini,bukan murahan, tetapi kita buat kegiatan yang menarik tanpa harus mengeluarkan budget yang besar.Karena APE itu bukan soal bera[a harga yang dikeluarkan untuk membuatnya tapi, bagaimana menariknya APE tersebut untuk digunakan anak, dan manfaat apa yang dapat diperoleh dari penggunaan APE tersebut.

Kita dapat membuat kegiatan yang semurah mungkin tapi bermakna dan menyenangkan bagi anak. Untuk pembelajaran yang banyak dilakukan di rumah dan sekolahpun belajarnya sebagian besar daring, maka guru dapat mengarahkan siswanya untuk memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita untuk kegiatan pembelajaran.

Seperti halnya kita dapat memanfaatkan apa yang ada disekitar rumah, menggunakan bahan alam, yang mudah di dapat tentunya, serta mendaur ulang limbah yang ada di sekitar lingkungan kita.

Dan kali ini, kita akan memanfaatkan limbah sedotan plastik yang tidak terpakai. Perlu diingat, sebelum menggunakan sedotan untuk kegiatan APE, kita harus mencuci terlebih dahulu sedotan tersebut. Kita dapat mencuci sedotan tersebut dengan menggunakan sabun dan air. Hal ini juga termasuk usaha kita untuk menjaga kesehatan diri kita, karena kita tidak tau sedotan tersebut banyak mengandung kuman atau tidak.

Setelah dicuci bersih dengan sabun, maka sedotan tersebut kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering kita dapat memanfaatkan sedotan tersebut untuk membuat APE dengan sedotan yaitu membuat sumpit dengan sedotan, dan anak dapat memanfaatkan hal tersebut untuk melatih motorik anak, serta melatih kesabaran anak. 

Selain itu anak juga dapat mengenal warna dari berbagai macam warna sedotan yang ada. Kita akan membuat APE sederhana dengan memanfaatkan sedotan bekas yang sudah dicuci, bahan yang digunakan mudah didapat, jika memang kesulitan mendapatkan tempat kue, maka kita dapat memanfaatkan media lain seperti piring, buku, gelas plastik dan lain lain yang dapat dimanfaatkan sebagai media yang digunakan. Di bawah ini ada petunjuk dan cara bagaimana membuat APE dengan memanfaatkan sedotan.

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

1. sedotan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN