Mohon tunggu...
hallowulandari
hallowulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student and full time worker

The girl who loves coffee, traveling, books and movie. Passionate to be an announcer, dancer, writer. https://www.hallowulandari.com/ & http://culture-traveler.com/

Selanjutnya

Tutup

Financial

Mandiri Secara Finansial di Umur 25 Tahun? Bisa Dong!

9 Agustus 2021   16:47 Diperbarui: 9 Agustus 2021   17:06 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Umur 25 tahun memang terasa masih muda ya, mungkin kebanyakan muda-mudi meluangkan waktunya di awal tahun 20-an sampai jelang 25 untuk bersenang-senang? Merasakan kebebasan setelah lulus dari bangku kuliah, memulai meniti karir dan mendapatkan uang penghasilan sendiri. Dan serasa ingin terus mengapresiasi diri, memanjakan diri dengan segala macam hal yang "diinginkan." Eh tapi jangan terlalu lama terlena loh ya dengan gaya hidup hura-hura tanpa mengontrol keuangan.

Beranjak dari keluarga yang biasa-biasa saja di pedesaan, aku merantau ke ibu kota untuk melanjutkan pendidikan dan meniti karir di sini. Tentu, sedari kuliah hidupku jauh dari kata hura-hura dan bersenang-senang. Tapi, tak apa, dari segala macam pengalaman yang ku lalui, aku belajar untuk hidup secara mandiri dan bersyukur sekali, bisa dibilang sejak lulus kuliah di umur 23 tahun aku sudah mandiri secara finansial. Dan di umur 25 tahun, sudah mulai bisa menyicil untuk investasi masa depan. Jadi, mandiri secara finansial di umur 25 tahun apakah bisa? Ya bisa dong, asal kita disiplin mengatur pola hidup dan keuangan kita.

Aku sendiri biasanya menerapkan hal-hal ini sejak di bangku kuliah.

Mencari Pendapatan Tambahan; Sejak kuliah aku sudah rajin mencari pekerjaan sampingan untuk tambahan biaya kuliah, mulai dari panitia-panitia acara kampus, menjadi asisten dosen, asisten Kaprodi sampai akhirnya menjadi sekretaris Lembaga UMKM Universitas. Pun, setelah lulus kuliah dan memiliki pekerjaan tetap dengan gaji bulanan aku masih rajin mengerjakan pekerjaan sampingan. 

Biasanya aku ikut menjadi kru wedding organizer, MC, dan sejak mengenal dunia blog aku pun seringkali mengulas produk dan jasa brand sebagai sumber pendapatanku. Selain blog, aku juga memonetisasi media sosial yang aku punya sebagai media promosi. Dan pendapatan yang bisa dihasilkan sebagai digital content creator lumayan ya untuk menambah pundi-pundi pendapatan untuk mencukupi kebutuhan atau pun ditabung.

Menjadi MC acara

Mengurangi Pengeluaran; Pada masa-masa awal meniti karir, pendapatanku masih di bawah UMR, tentunya aku harus pandai-pandai mengelola dan membelanjakan keuanganku. Seringkali aku harus memilah-melah jenis-jenis pengeluaran yang harus aku beli atau tidak tergantung kecukupan finansial masing-masing bulan. 

Pun, biasanya aku akan merinci pengeluaran rutin atau pun wajib bulanan yang harus dibayar terlebih dahulu, barulah membelanjakan hal-hal lainnya. Sebelum belanja pun biasanya aku akan melakukan pengurutan daftar belanjaan berdasarkan prioritasnya untuk dibeli, hehe

Membuat Catatan Keuangan; Karena keterbatasan finansial, tentunya aku harus melakukan pencatatan keuangan secara rinci, agar tidak kebablasan membelanjakan uang ku sampai akhirnya kehabisan uang di tengah bulan atau di akhir bulan kan. Aku rutin membuat catatan keuangan bulanan dan harian dalam table excel. 

Pertama, aku akan menuliskan daftar pengeluaran rutin atau wajib yang harus aku bayar setiap awal bulan. Setiap aku menerima gaji dari kantor aku akan membayarkan daftar tersebut terlebih dahulu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun