Mohon tunggu...
Rizal Maulana
Rizal Maulana Mohon Tunggu... Akun pribadi

Mahasiswa tingkat akhir

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UNNES 2019 Menyelenggarakan Pemeriksaan Gula Darah Gratis di Desa Candirejo

3 September 2019   21:00 Diperbarui: 4 September 2019   08:38 41 0 0 Mohon Tunggu...

KKN Unnes 2019 Desa candirejo, Kecamatan mojotengah, Wonosobo selenggarakan pemeriksaan gula darah gratis untuk masyarakat sekitar. Pemeriksaan bertempat di 3 dusun yaitu Tosobo, Pesindon dan Candi. 

Pemeriksaan gratis ini diberikan kepada 30 orang di tiap dusun. Pemberian pemeriksaan gratis ini sengaja dibatasi 30 orang per dusun saja karena keterbatasan kemampuan tenaga yang melayani pemeriksaan. Pemeriksaan gratis tanpa bayar ini, disambut antusias dan ucapan terimakasih oleh warga setempat. 

Saat ini, pengecekan kadar gula darah tidak hanya dilakukan oleh laboratorium. Pengecekan gula darah dapat dilakukan secara mandiri, dengan menggunakan alat ukur kadar kadar gula darah yang dijual bebas di pasaran. Pengecekan ini diperlukan tidak saja untuk mengetahui kadar gula darah, namun juga dapat membantu program terapi pengelolaan dan pengobatan diabetes. 

Periksa gula darah secara rutin penting dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes. Pasalnya, tidak semua orang mengalami gejala diabetes sehingga sering kali tidak disadari sudah mencapai tahap komplikasi diabetes. Semakin cepat masyarakat memeriksakan gula darah, maka semakin cepat pula masyarakat mengurangi risiko terkena diabetes. 

Dengan pengecekan yang teratur, kadar gula darah dapat dikendalikan dan komplikasi diabetes dapat dihindari. Pemeriksaan gula darah hendaknya dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan. 

Jalani pemeriksaan gula darah sesuai dengan saran dokter dan terapkanlah pola hidup sehat guna mencegah dampak buruk dari tinggi atau rendahnya kadar gula darah. Pada kegiatan tersebut juga diadakan senam sehat, pengukuran tinggi badan, dan penimbangan berat badan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x