Sosbud

Seberapa Pentingkah Kesadaran Diri?

25 Oktober 2018   18:14 Diperbarui: 25 Oktober 2018   18:14 115 1 0

Apa yang kalian ketahui tentang kesadaran diri? Kesadaran diri merupakan kemampuan individu untuk mengetahui apa yang dirasakannya dan menggunakannya untuk mengarahkan dalam pengambilan keputusan diri sendiri, memiliki tolak ukur yang realistis atas kemampuan diri dan kepercayaan diri yang kuat. Kesadaran diri berada dari dalam diri kita, tanpa ada orang lain yang tau terhadap sesuatu hal yang sedang kita alami.

Kesadaran diri memiliki persepsi yang jelas tentang kepribadian kita, termasuk pikiran kita, kepercayaan, emosi, kekuatan, kelemahan, dan motivasi. Kesadaran diri membuat kita untuk memahami orang lain, bagaimana mereka menilai diri kita, sikap dan tanggapan kita terhadap mereka saat ini. Banyak orang menjalani hari yang biasa-biasa setiap harinya. Kebanyakan dari mereka sulit sekali menikmati kehidupan yang lebih menyenangkan ketika menghadapi masalah dan memendamnya sendiri dan tidak menceritakan kepada orang lain.

Kesadaran adalah satu kunci penting untuk mencapai hidup yang lebih berarti. Untuk mencapai kesadaran itu sendiri, dibutuhkan usaha dengan cara yang tepat dimana seseorang harus mampu melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda tanpa melibatkan emosi di dalamnya. Apakah itu emosi yang bisa membawa kebaikan atau jusru sebaliknya.

Bila kita sadar diri, kita dapat melihat di mana pikiran dan emosi membimbing kita. Ini juga memungkinkan kita untuk mengendalikan tindakan kita sehingga dapat berhubungan dengan baik. perubahan yang diperlukan untuk Ini mungkin termasuk perubahan pada emosi, perilaku, atau kepribadian.

Memiliki kesadaran diri terhadap diri kita sendiri termasuk kesadaran akan kekuatan dan kelemahan kita, pikiran dan keyakinan kita, emosi dan motivasi. Kita akan lebih mudah bagi untuk memahami orang lain dan mendeteksi bagaimana mereka memandang kita sebagai balasannya. kesadaran diri akan membuat seseorang lebih mampu mengontrol dirinya sendiri.

Kesadaran diri adalah kunci sebuah perubahan didalam hidup seseorang. Setiap orang yang ingin berubah menjadi yang lebih baik pasti didasarkan dan keinginan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Perubahan yang tidak oleh dilandasi kesadaran untuk bertumbuh dan berubah akan membuat mereka lebih mudah berhenti berjuang di tengah jalan.