Mohon tunggu...
Rizka Khaerunnisa
Rizka Khaerunnisa Mohon Tunggu... Buruh

Serba amatiran | Sosial, budaya, gender, sastra, sejarah, dan politik.

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Semesta Kota Winden, yang Kita Tahu Hanyalah Setetes

2 Juli 2020   05:58 Diperbarui: 2 Juli 2020   16:46 1467 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semesta Kota Winden, yang Kita Tahu Hanyalah Setetes
Martha Nielsen (diperankan oleh Lisa Vicari) dan Jonas Kahnwald (Louis Hoffman) tengah berdiri dan menatap lukisan Adam-Eve | sumber: IMDB/Netflix

[Mon maap ni, yang ngak suka spoiler lebih baik sekip dulu aja~]

***

"Jika dunia akan berakhir hari ini dan kalian hanya punya satu keinginan, apa yang kalian inginkan?" tanya Regina kepada teman-temannya di meja makan sesaat setelah Hannah menceritakan deja vu yang sedang dialaminya --lampu yang tiba-tiba mati, bunyi petir, dan dunia pun kiamat.

"Dunia tanpa Winden," ujar Katharina --penonton pun jadi ikutan deja vu, kata yang sama persis pernah diucapkan Katharina muda di bagian dunia "yang lain". Mereka bersulang dan lampu pun menyala kembali. Rupanya dunia masih menginginkan keber-ada-an kota Winden.

Ending serial Dark saat Katharina, Peter, Bernadette, Regina, Torben Woller, & Hannah duduk bersama di meja makan di dunia asal | sumber: IMDB/Netflix
Ending serial Dark saat Katharina, Peter, Bernadette, Regina, Torben Woller, & Hannah duduk bersama di meja makan di dunia asal | sumber: IMDB/Netflix

Winden yang terpencil, selalu kelam, dan sering hujan memang seperti kutukan. Sejak tahun 1880-an, seolah-olah Winden cuma diisi orang yang itu-itu saja.

Keempat keluarga yang menjadi sorotan utama dalam cerita tak pernah selamanya meninggalkan Winden. Ada keluarga Kahnwald, Nielsen, Doppler, dan Tiedemann. Mereka semua lahir dan besar di sana, jatuh cinta sama orang situ, hingga akhirnya membangun keluarga dan menetap di Winden.

Keluarga Kahnwald, Doppler, Tiedemann, dan Nielsen | sumber: IMDB/Netflix
Keluarga Kahnwald, Doppler, Tiedemann, dan Nielsen | sumber: IMDB/Netflix

Musim ketiga ini --rilis 27 Juni lalu-- terutama dalam episode "The Paradise", menutup kerumitan kisah Dark dengan sangat epik. Sebelum musim ketiga rilis, saya sempat bertanya-tanya, mampukah segala keruwetan yang terjadi di antara empat keluarga itu betulan rampung dan membuat penonton setidaknya menghela nafas sambil bergumam, "Oke, ini bener-bener mind blowing"?

Apakah serial Dark berakhir dengan memunculkan paradoks dalam bentuknya yang lain atau justru menampilkan ending yang selesai dan tertutup?

Semua keruwetan itu berawal dari Mikkel Nielsen yang hilang tanpa jejak di tahun 2019. Sebelum Mikkel, sebetulnya sudah ada beberapa anak yang hilang. Saat peristiwa itu, usia Mikkel kira-kira belasan tahun, lebih muda dari Jonas Kahnwald, tokoh utama dalam serial Dark.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x