Mohon tunggu...
William IndraWijaya
William IndraWijaya Mohon Tunggu... Seputar Pertanian

Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Fakultas Pertanian dan Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bercocok Tanam Tanaman Kale di Rumah

5 Januari 2020   00:39 Diperbarui: 5 Januari 2020   01:15 511 2 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bercocok Tanam Tanaman Kale di Rumah
Kale hias (Image by Jacky Delville from Pixabay) 

Tanaman kale adalah tanaman sayur berdaun keriting yang banyak dibudidayakan pada daerah iklim subtropik dan sedang. Tanaman kale memiliki banyak varietas dengan bentuk yang beragam pula.

Beberapa tahun terakhir tanaman kale mulai booming di Indonesia, terutama didaerah perkotaan. Sayur kale dikenal sebagai superfood karena kandungan vitamin C nya yang amat sangat tinggi. Daun tanaman kale diketahui memiliki kandungan vitamin C  yang lebih tinggi gram per gramnya jika dibandingkan buah jeruk dan lemon. 

Dua Varietas kale berbeda (image by shutter stock)
Dua Varietas kale berbeda (image by shutter stock)

Walaupun banyak di budidayakan pada iklim subtropik dan sedang, tanaman kale sebenarnya dapat dibudayakan pada daerah iklim tropis. Beberapa petani pada daerah getasan kabupaten semarang melakukan budidaya tanaman kale untuk dijual di supermarket dan di ekspor.

Penulis sendiri juga pernah melakukan penelitian budidaya tanaman kale secara organik didaerah getasan kabupaten semarang.

Melalui wawancara dan hasil penelitian penulis, diketahui asalkan air dan pupuk yang diberikan cukup, tanaman kale dapat tumbuh dengan baik. Keuntungan dari budidaya  tanaman kale dirumah adalah, tanaman ini bisa anda panen terus menerus sampai 1 (satu) tahun penuh.

Hal ini dimungkinkan karena anda dapat memanen daun kale dengan cara mematahkan daunnya saja dan membiarkan tanaman kale tumbuh terus.

Kale Lacinato (Image by Capri23auto from Pixabay) 
Kale Lacinato (Image by Capri23auto from Pixabay) 

Untuk memulai bercocok tanam dirumah, hal utama yang anda butuhkan adalah tanah atau pot media tanam. Jenis kale yang disarankan penulis untuk ditanam sebagai konsumsi adalah kale varietas lacinato, sedangkan jika untuk hiasan anda dapat menanam kale hias dengan jarak tanam 20 cm. Jika anda menanam kale pada tanah disekitar rumah anda, usahakan tiap tanam kale berjarak minimal 45 cm dari tanaman lainnya.

Untuk budidaya pada pot, ukuran pot minimal yang disarankan adalah 30 x 30 agar tanaman kale dapat tumbuh dengan baik. Media yang digunakan adalah tanah dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 untuk pupuk kandang sapi, dan 3 : 1 untuk pupuk kandang ayam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN