Mohon tunggu...
Ryo Kusumo
Ryo Kusumo Mohon Tunggu... Penulis - Profil Saya

Menulis dan Membaca http://ryokusumo.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kalau Segitiga Haram, Apa Kabar "Pakaian Dalam"?

11 Juni 2019   15:43 Diperbarui: 11 Juni 2019   15:57 595
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: https://mobilkomersial.com

Medio 2016, saya diundang ke pernikahan seorang kawan, sama-sama kami dulu bekas kuli di Banten. Pernikahannya mewah, di hotel daerah Kuningan, Jakarta. Visual pernikahannya sama sekali tidak menyiratkan blio pernah jadi kuli dengan bayaran UMD dan hobi ngorok ngiler sama saya.

Saya coba memperhatikan dekorasi pernikahan. Megah. Dan banyak sekali lambang berbentuk Naga, dari mulai singgasana pengantin, pinggiran kue tart besar, bahkan susunan dim sum di dalam panci membentuk kepala naga.

Ketika salaman, saya tanya ke kawan saya, dan jawabannya mengejutkan. Ya, dia percaya bahwa Naga adalah simbol kesuksesan, dan usahanya melejit seperti sekarang salah satunya karena simbol naga. Naga dan dirinya adalah satu kesatuan.

Kalo sudah demikian, apa yang mau saya debat? Tidak ada, padahal kawan saya tadi sama sekali bukan keturunan Tiongkok, Jawa asli. Kepercayaan akan simbol seperti ini yang melekat di sebagian masyarakat kita.

Lha wong ibu saya saja penganut paham pohon bambu kuning di depan rumah kok. Katanya untuk ngusir bala.

Jadi saya enggak heran ketika Masjid Al Safar di Cipularang hasil karya arsitektur Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di protes karena menyerupai lambang iluminati karena bentuknya yang mirip segitiga. 

Ketika sholat disitu setahun yang lalu saya sudah mbatin di dalam hati "ni Masjid bakal jadi masalah nih"...eh bener... Bagi umat muslim jaman now, Iluminati identik dengan gerakan Zionis, Yahudi, Israel yang artinya Haram, harus diperangi.

Saya coba biasa saja ketika seorang kawan menyodorkan fakta-fakta soal Masjid Al Safar. Tapi mulai semakin aneh ketika simbol berpengaruh pada keimanan dan larangan sholat disana.

Apalagi pas penjelasan soal menara Masjid yang berbentuk segitiga tiga dimensi mirip Piramida.

Ini
Ini "Piramida"nya gaes..sumber foto: http://tekno.tempo.co

Katanya, dia melihat video Ustad Baequni yang mengatakan menara Masjid tersebut menggambarkan sosok Fir'aun di Mesir. Piramida dianggap sebagai simbol Fir'aun yang mengaku Tuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun