Mohon tunggu...
Ryo Kusumo
Ryo Kusumo Mohon Tunggu... Penulis - Profil Saya

Menulis dan Membaca http://ryokusumo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Memang Ilmu Agama Kalian Setinggi Apa Sih?

28 Agustus 2017   07:54 Diperbarui: 28 Agustus 2017   16:22 2573
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.ngawursiana.com

"Belajar agama lagi sana", hayo siapa di antara klean yang pernah digituin di medsos sama temannya? Ngaku saja..tenang, disini klean aman, tidak ada celah untuk di dholimi atau di persekusi, nah kan...banyak kan yang tunjuk tangan..ckck..

Gini gaes, dahulu kala di awal abad ke 12, dua pemikir (filsuf) Islam yang paling top, Imam Al Ghazali dan Ibnu Rusyd pernah berdebat tentang dua hal yang sangat esensial dan berpengaruh kepada pemikiran Islam kedepan. Pertama yaitu tentang pengetahuan Tuhan dan kedua tentang permulaan (keazalian) alam.

Kita bahas yang pertama saja, karena kita akan langsung laper kalau bahas dua-duanya.

Dalam point pertama, seorang  Ibnu Rusyd yang mendukung Aristoteles membantah pemikiran Imam Al Ghazali di dalam bukunya Tahafut At-Tahafut, bahwa Tuhan tidaklah mengetahui persoalan juziyat atau hal-hal partikular yang rinci.

Menurut pendapat Ibnu Rusyd, Tuhan adalah Zat yang Maha Tinggi, otomatis Tuhan adalah setinggi-tingginya ilmu dan akal, sehingga Tuhan memiliki pengetahuan yang tanpa cela. Jadi, Tuhan sudah mengetahui yang awal dan yang akhir dengan segala perincian. Bingung?

Misalnya, kamu sedang makan nasi gudeg Pawon di Janturan, Jogja. Karena ngantuk, tanpa sengaja si mbok menyendok dua telur pindang ke piringmu, padahal jatahmu ya cuma satu, tapi kamu cuek, tetap menyantap nikmat. Nah, kasus ini menurut Ibnu Rusyd sudah bukan urusan Tuhan, karena ini ranah partikular, sudah ada malaikat Raqib dan Atid yang mencatat amalan kita, dan akan dibuka nanti.

Tuhan adalah Zat Yang Maha Tahu, sehingga jika Tuhan mengetahui hal-hal yang partikular justru mengurangi Maha Kesempurnaan-Nya karena hal-hal partikular adalah suatu proses dari "tidak tahu menjadi tahu", ini ranahnya remah-remah manusia, bukan ranah Tuhan.

Sedangkan menurut Imam Al Ghazali, Tuhan adalah Zat Yang Maha Tahu sehingga tidak ada satu bendapun, satu gerakan pun dan satu sifatpun yang luput dari ke-MahaTahuannya termasuk hal-hal partikular (detail), dan berpedoman pada ayat Al Quran: "Tiada yang luput bagi pengetahuan Ilahi". Tuhan mengurusi urusan telor pindang sampai lidah kamu ngomong janc*k.

Yang menarik, awalnya Al Ghazali dalam bukunya Al Maqasid Al filasifahyang disusul dengan buku keduanya Tahafutul Falasifa,menyebut hal-hal yang tidak sesuai (subsersiv) dengan iman Islam disebutnya sebagai kufarat (kufur-kafir), tetapi kemudian diralatnya sebagai bid'ah dan tidak sesuai, bukan lagi kafir. Nanti kita bahas yang ini.

Dari diskusi di atas, setidaknya ada dua point. Pertama, kita bisa bayangkan sebuah perang wacana yang dikemukakan dua filsuf Islam dengan kadar keilmuan yang sangat tinggi hingga membawa pemikiran tersebut kedalam peradaban, diskusi yang berbobot dan sangat jauh dari diskusi "Apakah perginya Doi ke Saudi itu sama dengan Hijrahnya Rasul dari Mekah ke Madinah"?

Sebentar, tak seruput kopi dulu..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun