Mohon tunggu...
Mohammad Zasriansyah
Mohammad Zasriansyah Mohon Tunggu... Tulislah Sejarah itu dengan Benar dan Jangan Mengada-ada apalagi dengan Tafsiran yg tidak dapat dipertangungjawabkan. Sejarah suatu negeri carilah dimana sejarah itu lahir dan bukan diluar daerah yg mana belum tentu kebenarannya.. Ryan Zasriansyah

Guru Sekolah Menengah Pertama dan Penggiat Sejarah serta Budaya] Pendiri dan Pengurus Komunitas Historia Tolitoli Sulawesi Tengah].

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

MTS Darunnaim Lais Selenggarakan KBAT Tahun Baru Islam 1441H

1 September 2019   22:36 Diperbarui: 1 September 2019   22:40 1 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
MTS Darunnaim Lais Selenggarakan KBAT Tahun Baru Islam 1441H
Zikir_Bersama/Dok.pribadi_ryanzasriansyah

Dondo,---Sabtu(31/8/2019)- acara tahunan yang diselenggarakan oleh MTS Darunnaim Lais dalam rangka menyambut atau memperingati Tahun baru Islam 1441H. Kegiatan itu disebut Kemah Bersama Akhir Tahun (KBAT) yang mengikutsertakan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama atau sederajat dan Sekolah dasar yang berada di Kabupaten Tolitoli. Sebelumnya kegiatan ini pernah dilaksanakan tahun 2018 yang lalu dengan rangkaian acara yang sama.

Kegiatan ini bertema keagamaan dengan mendidik para pelajar untuk mandiri dan mampu mengamalkan ajaran agama sesuai dengan apa yang diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Tingkat sekolah menengah pertama yang menghadiri kegiatan ini adalah SMPN 4 Dondo, MTSN 1 Tolitoli dan beberapa sekolah dasar yang berada di kabupaten Tolitoli yang turut meramaikan kegiatan tahunan di halaman MTS Darunnaim Lais. Maksud dari kegiatan ini adalah para peserta di didik untuk menjadi jiwa yang cinta tanah air, berakhlak mulia, pemaaf dan bertoleransi tinggi. 

Di temui saat kegiatan berlangsung Kepala Madrasah Tsanawiyah Darunnaim Lais Ibu Sarmawati, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi rutinitas dan harus diusahakan agar kegiatan ini dapat berjalan lancar seperti kegiatan-kegiatan kami tahun sebelumnya. Ungkapnya. 

Berbagai jenis lomba yang ditampilkan pada kegiatan KBAT ini diantaranya dakwah cilik, fashion show busana muslim dan lomba dibindang kepramukaan siaga dan penggalang. Tak ketinggalan acara pada malam terakhir adalah zikir bersama memperingati tahun baru Islam 1441H dan pawai obor keliling dengan rute halaman sekolah MTS Darunnaim-lapangan desa lais kemudian kembali ke halaman MTS Darunnaim. Pada saat Long march membawa obor para peserta antusias dengan bersholawat dengan harapan akan hari esok yang lebih baik.

Finish_PawaiObor/Dok.pribadi_ryanzasriansyah
Finish_PawaiObor/Dok.pribadi_ryanzasriansyah

Beberapa guru madrasah yang turut diwawancarai menuturkan kegiatan yang sangat positif dan sifatnya membangun apalagi dalam hal menyambut dan memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriah. Imbuh mereka.

Antuasisme warga disekitar Madrasah juga turut membuat suasana makin meriah dengan membuka lapak-lapak jualan maupun menonton suguhan kegiatan yang diberikan oleh panitia pelaksana KBAT Bahkan ada diantara warga ikut berzikir bersama para peserta dan panitia pelaksana. Zikir bersama tersebut dipimpin oleh Ketua Yayasan Darunnaim bernama Ust. Nadir. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pramuka Gugus Madrasah Tsanawiyah Darunnaim Lais dengan pengurus Yayasan Darunnaim.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x