Mohon tunggu...
Ryan Pratama
Ryan Pratama Mohon Tunggu... Penulis

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Dua Kali Berhenti Kuliah demi Hip Hop, Ghifary Abilang Sukses Menjadi Rapper Jempolan

14 Februari 2020   12:09 Diperbarui: 14 Februari 2020   15:26 176 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dua Kali Berhenti Kuliah demi Hip Hop, Ghifary Abilang Sukses Menjadi Rapper Jempolan
wizdeo.com

Dipertengahan tahun 2019 Ghifary Abilang mengeluarkan album kompilasi yang berjudul "Kritskopat"Album Kritskopat membawa pria asal Sulawesi Tengah ini ke daftar salah satu rapper Indonesia yang cukup diperhitungkan, hal ini bisa dilihat dari lagu yang berjudul "Beta Tumbu", saat artikel ini ditulis lagu "Beta Tumbu" sudah mencapai 490 ribu jumlah tonton di kanal youtubenya.

Pria yang memiliki nama asli Moh Ghifary lahir pada tanggal 14 februari 1992 di kota Luwuk, Sulawesi Tengah, memulai karir musiknya pada tahun 2010 di kota Yogyakarta. Ghifary Abilang sudah menyukai musik hip hop sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP), pada saat itu Ghifary Abilang sering mendengarkan lagu-lagu yang bernuansa rock dan rap seperti Limp Bizkit, Linkin Park, Fort Minor dan lain-lain.

Bermula atas ketertarikanya pada musik rap, pada tahun 2008 saat duduk di kelas 2 sekolah menengah atas (SMA), Ghifary Abilang mulai mencoba menulis lirik lagu untuk dirinya sendiri, kebanyakan tema yang diangkat dalam lagunya adalah seputar kehidupannya sehari-hari.

Setelah lulus dari sekolah menengah atas pada tahun 2010, Ghifary Abilang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi swasta di kota Yogyakarta. Pada tahun 2013 Ghifary Abilang masuk dalam komunitas hip hop Black Mic Family dan mulai mendalami seluk beluk musik hip hop. Bersama komunitasnya Ghifary Abilang melahirkan beberapa karya kolaborasi dengan musisi hip hop lainnya seperti Potas Tribe & Bendy Fold & Rojer Gaf dari NTT, Jhon B dari Yogyakarta, Ido Mix Clan & Dhifan X D & Fundagly dari Maluku Utara dan Rabig Sangadji dari Sorong, Papua .

Di awal tahun 2014, Ghifary Abilang memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus berkarir di dunia musik. Ghifary Abilang sempat meninggalkan kota Istimewa itu dan mencoba keberuntungannya di kota Tangerang namun ia tidak mendapat titik terang. Pada tahun 2015 Ia kembali ke Jogja dan kembali melanjutkan pendidikannya.

Tepat di tahun 2016, Ghifary Abilang memutuskan berhenti kuliah yang ke dua kalinya dan kembali fokus ke dunia musik. Pada akhir tahun 2016 namanya mulai dikenal banyak orang berkat video Diss Young Lex yang diupload di kanal youtubenya. Tidak berhenti sampai di situ, Ghifary Abilang terus mengeluarkan lagu-lagu yang mengundang banyak pro dan kontra seperti lagu yang berjudul "Diss King Alay" yang ditujukan untuk Youtuber nomor satu Indonesia Atta Halilintar, "Hoax" yang berisi kritikan untuk pilpres 2019 dan lagu yang nyeleneh "Pemberi Harapan Palsu". Selain itu Ghifary Abilang juga sering membuat lagu-lagu yang motivatif seperti lagu "A.S.A", "Ku Bukan Pecundang", "Can Do", "Langkah Part I" dan masi banyak lagi. 

Saat artikel ini ditulis, Ghifary Abilang sudah memiliki 2 album (Retrox dan Kritskopat) dan beberapa single yang telah di rilis di platform digital.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x